Hacker Remaja Dirawat di Kamp Rehabilitasi

Salah satu kekhawatiran yang akhir-akhir muncul adalah makin banyaknya hacker remaja yang terlibat dalam serangan siber atau kejahatan siber. Jika mereka tertangkap, karena umur yang masih sangat muda tentu butuh perlakuan yang berbeda. Untuk itulah di Inggris sebuah usaha baru dilakukan. Remaja yang tertangkap melakukan hacking dan serangan cyber bisa mengikuti kamp rehabilitasi yang bertujuan untuk mengalihkan mereka dari aksi kejahatan.

Kamp rehabilitasi pekan pertama untuk para hacker remaja ini diadakan di Bristol bulan ini sebagai bagian dari pekerjaan National Crime Agency (NCA) bersama dengan penjahat komputer muda usia. Para pesertanya belajar tentang penggunaan keterampilan cyber yang bertanggung jawab dan mendapat saran tentang karir di bidang keamanan komputer. Jika percontohan ini terbukti sukses, maka akan diluncurkan di seluruh Inggris.

Mereka yang memilih menghadiri kamp rehabilitasi ini telah dikenal sebelumnya oleh polisi karena mereka tertangkap basah melakukan satu atau lebih kejahatan komputer.

Ratusan penjahat cyber pemula telah dihubungi oleh NCA sebagai bagian dari program pencegahan NCA. Beberapa dari mereka telah menerima surat yang memperingatkan bahwa aktivitas online mereka telah terlihat dan ada yang dikunjungi di rumah oleh petugas. Sebanyak tujuh pemuda yang menghadiri kamp rehabilitasi tersebut telah diketahui NCA sebelumnya. Mereka telah ditangkap, dikunjungi oleh petugas karena mereka terlihat menggunakan alat atau teknik yang melanggar undang-undang penyalahgunaan komputer di Inggris atau telah diperingatkan oleh polisi karena pelanggaran yang dilakukan di sekolah.

Tentunya usaha ini sebuah upaya positif agar anak-anak muda tidak terperangkap menjadi kriminal sejak usia muda.

Sumber: BBC