Host Airbnb Didenda 5.000 Dollar AS Karena Komentar Rasis

Seorang host Airbnb yang membatalkan reservasi seorang perempuan yang bermaksud menyewa kabinnya dengan menggunakan pernyataan rasis telah diperintahkan untuk membayar ganti rugi sebanyak 5.000 dollar AS.

Dyne Suh, perempuan berusia 26 tahun telah memesan kabin gunung Tami Barker di Big Bear, California, untuk liburan akhir pekan dengan teman-temannya di bulan Februari yang lalu. Namun Barker membatalkan reservasi tersebut melalui pesan singkat beberapa menit sebelum mereka tiba di kabin dengan alasan yang menyewa tersebut orang Asia.

Peristiwa ini adalah pertama kalinya seorang host Airbnb dikenai hukuman karena diskriminasi rasial di bawah kesepakatan antara Airbnb dengan California Department of Fair Employment and Housing (DFEH) yang diumumkan awal tahun ini. Kesepakatan tersebut memungkinkan regulator untuk menguji dan menghukum host Airbnb karena bias rasial.

Selain membayar ganti rugi uang dan harus mengikuti kursus tingkat perguruan tinggi dalam studi Asia Amerika, Barker harus setuju untuk mematuhi undang-undang antidiskriminasi, mengajukan permintaan maaf pribadi kepada Suh, berpartisipasi dalam panel pendidikan masyarakat dan menjadi sukarelawan di organisasi hak-hak sipil.

Hukuman tersebut menunjukkan bahwa seseorang tidak boleh diperlakukan berbeda hanya karena asal-usulnya. Hal ini tentu sesuatu yang sangat bagus agar tidak ada diskriminasi. Setiap orang harus diperlakukan sama dan memiliki hak yang sama meskipun mereka berasal dari etnis yang berbeda-beda.

Sumber: The Guardian