Perusahaan Teknologi Bersatu Untuk Net Neutrality

Sejumlah raksasa internet, mulai dari jejaring sosial hingga aplikasi kencan bergabung dalam sebuah demonstrasi pada hari Rabu lalu untuk melawan rencana mengembalikan peraturan/mengubah aturan yang melindungi net neutrality di Amerika Serikat. Situs yang ikut berpatisipasi menampilkan berbagai pesan atau mensimulasikan efek potensial dari kehilangan prinsip dasar net neutrality yang menganggap semua lalu lintas internet diperlakukan sama.

Regulator komunikasi AS awal tahun ini memilih untuk menghapus sebuah peraturan dari era Presiden Obama yang akan mencegah prioritas atau throttling data, serta tindakan lainnya yang dianggap merugikan internet. Mereka yang melawan net neutrality mengatakan bahwa hal aturan tersebut menghambat inovasi dan investasi di infrastruktur telekomunikasi.

Di antara perusahaan yang melakukan demonstrasi, termasuk Google, Facebook, Amazon, Reddit, AirBnB, Twitter dan Snapchat. Juru kampanye net neutrality mengatakan bahwa sekitar 80.000 situs web dan layanan semuanya mengambil bagian dalam tindakan terkoordinasi yang dirancang untuk menarik perhatian pada konsultasi publik mengenai proposal anti-net neutrality tersebut.

Sean Vitka dari Demand Progress and Fight for the Future mengatakan bahwa ia ingin FCC mendengar (tuntutan tersebut) demikian juga anggota Kongres. Net Neutrality sangat populer dan memang demikian kenyataannya dan ia ingin mereka berhenti mencoba untuk menghapusnya. Menurutnya net neutrality menghentikan perusahaan besar, seperti penyedia layanan internet dari mengendalikan siapa yang menang atau kalah di internet.

Sumber: BBC