Ransomware Berinvestasi di Layanan Pelanggan

Untuk memperoleh pembayaran tebusan yang makin banyak, penyebar ransomware dikabarkan berinvestasi dalam layanan pelanggan. Hal tersebut diungkapkan oleh Christiaan Beek ilmuwan utama di McAfee.

Berbicara di konferensi RSA Pasifik dan Jepang, Beek mengatakan bahwa korban ransomware berbagi cerita tentang pengalaman mereka yang membayarkan bitcoin. Cerita tersebut menggambarkan proses yang sulit sehingga para korban menjadi enggan untuk membayar. Namun kini pembuat ransomware telah menyadari pentingnya layanan pelanggan. Beberapa di antaranya menambahkan fitur bantuan di situs yang mereka gunakan untuk mengumpulkan uang tebusan, bahkan menawarkan bantuan real-time.

Instruksi komprehensif yang mengesankan tentang bagaimana mengakuisisi Bitcoin merupakan bagian lain yang kini makin banyak ditemukan agar mempermudah korban untuk membayar.  Namun upaya tersebut tidak selalu memberikan hasil yang bagus. Beek mengatakan bahwa McAfee dan lembaga penegak hukum semakin baik dalam melacak orang-orang yang menggunakan dan memperdagangkan Criptocurrency. Para penjahat merespons hal tersebut dengan segera mengubah cara pengumpulan mereka menjadi kripto yang kedua dalam usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Sumber: The Register