Semua Media Sosial di Indonesia Ditutup?

Tampaknya semua media sosial di Indonesia terancam ditutup. Kemungkinan ditutupnya media sosial ini dikemukakan oleh Menkominfo Rudiantara. Dikutip dari Detik, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengancam akan menutup semua platform media sosial yang masih meloloskan konten negatif yang mengancam keamanan negara.  Hal ini menyusul adanya peran media sosial dalam peracikan bom, misalnya.

Menurut Rudiantara, penyebaran konten negatif terbagi menjadi dua baik melalui situs internet maupun media sosial. Untuk situs internet, masih bisa terkontrol oleh pemerintahan. Sementara media sosial melibatkan pemerintah dan pelakunya sendiri.

Ia menambahkan bahwa sejak tahun n 2016, pemerintah sudah meminta platform media sosial untuk menutup konten negatif di media sosial. Namun, sampai saat ini baru sekitar 50% konten negatif yang ditutup oleh platform. Hal ini dianggap mengecewakan.

Rudiantara mengancam kalau tidak ada perbaikan kami akan sangat pertimbangkan menutup platform. Mohon maaf kalau terpaksa harus (menutup). Karena kita ingin menjaga kondusifitas agar teknologi media soaial bisa dimanfaatkan dengan baik.

Tampaknya pemerintah melalui Kominfo sudah habis kesabaran menghadapi penyebaran paham radikalisme dan sejenisnya di media sosial. Namun ancaman menutup semua media sosial tersebut terlalu jauh. Perlu diketahui bahwa media sosial memiliki manfaat yang sangat besar sehingga menutupnya merupakan kekeliruan.

Bagaimana pendapat Anda?