Bintang YouTube Menang dalam Kasus Fair Use

Pembuat video Ethan dan Hila Klein yang menjalankan saluran YouTube h3h3 Productions telah memenangkan pertarungan hukum mengenai hak cipta di video online. Pasangan tersebut digugat setelah mengolok-olok sebuah video oleh pembuat film lain, Matt Hosseinzadeh, di mana dia mengejar ketertarikan cinta dengan parkour.

Ethan dan Hila Klein menggunakan klip dari film Matt Hosseinzadeh tersebut yang ia klaim sebagai pelanggaran hak cipta. Namun seorang hakim memutuskan bahwa video Klein yang mengkritik karya Matt Hosseinzadeh merupakan penggunaan yang adil atau fair use dalam masalah hukum.

Ethan dan Hila Klein memiliki lebih dari 4 juta subscriber di saluran YouTube mereka. Pada bulan Februari 2016, mereka memasang video di mana mereka menonton video parkour Hosseinzadeh dan mengolok-oloknya. Video mereka mencakup beberapa klip video asli Hosseinzadeh yang diselingi komentar dan lelucon mereka sendiri.

Hosseinzadeh yang dikenal secara online sebagai Matt Hoss mengatakan dalam keluhan awalnya bahwa pasangan tersebut telah mereproduksi hampir semua pekerjaannya dalam rutinitas komedi mereka. Namun hakim distrik New York Katherine Forrest menolak klaim tersebut. Menurut hakim tersebut setiap review video Klein tidak diragukan lagi bahwa hal tersebut merupakan komentar kritis terhadap video Hoss. Tidak ada keraguan lagi bahwa video Klein jelas bukan pengganti pasar untuk video Hoss.

Keputusan tersebut penting karena video reaksi di mana YouTuber menggunakan klip karya orang lain dan bereaksi terhadapnya, merupakan genre populer di YouTube. Forrest memperingatkan bahwa sementara video Kleins cukup bagus, video reaksi lainnya seringkali lebih jelek. Dengan demikian, pengadilan tidak memutuskan bahwa semua video reaksi merupakan penggunaan wajar. Hal ini berarti meskipun kasus ini menang dalam hal fair use, bukan berarti jika ada kasus lain akan menang juga.

Klein mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan kemenangan besar untuk penggunaan yang adil di YouTube. Semua pekerjaan kami selama empat tahun terakhir telah divalidasi, karena belum pernah ada pendapat pengadilan tentang video reaksi. Hakim menyebut metode kritik Klein klasik, yang merupakan kemenangan besar bagi Kleins dan komunitas YouTube.

Sumber: BBC