China Larang Postingan Anonim Online

Tindakan keras China terhadap kebebasan internet semakin meningkat. Minggu lalu, badan sensor internet tertinggi di negara tersebut mengumumkan satu set peraturan baru yang dimaksudkan untuk menghilangkan postingan oleh pengguna anonim di forum internet dan platform lainnya. Cyberspace Administration of China akan mulai memberlakukan peraturan tersebut pada 1 Oktober 2017.

Menurut peraturan baru tersebut, perusahaan dan penyedia layanan internet bertanggung jawab untuk meminta dan memverifikasi nama asli dari pengguna saat mereka mendaftar dan harus segera melaporkan konten ilegal kepada pihak berwenang.

Selanjutnya, undang-undang cybersecurity baru yang mulai berlaku pada awal Juni mengharuskan perusahaan teknologi untuk menyimpan data penting pada server di China. Meskipun ini dimaksudkan untuk melindungi informasi sensitif, hal ini juga dapat mempermudah pemerintah untuk melacak dan mengintimidasi pengguna Internet.

Seiring dengan pengumuman peraturan baru tentang posting anonim, Cyberspace Administration of China juga menentukan konten apa yang dilarang dipublikasikan secara online dengan mengutip sebagian dari undang-undang yang disahkan pada tahun 2000 untuk mengatur layanan informasi internet di Chyina. Daftarnya sangat luas sehingga bisa mencakup hampir semua hal.

China telah mengeluarkan berbagai peraturan yang mengharuskan pendaftaran nama online secara langsung selama bertahun-tahun. Peraturan baru Cyberspace Administration of China adalah tanda lain bahwa pemerintah China semakin ketat dalam hal penyensoran.

Sumber: Techcrunch