Korban WannaCrypt Kembali Terinfeksi Malware

Salah satu aggota Dinas Kesehatan Nasional Inggris (UK National Health Service) yang dilanda serangan WannaCrypt awal tahun ini kembali terinfeksi oleh malware. Lanarkshire yang mengelola tiga rumah sakit, yaitu Hairmyres, Monklands, dan Rumah Sakit Umum Wishaw di Skotlandia memperingatkan pasien bahwa mereka hanya akan menangani kasus-kasus darurat. Lanarkshire adalah salah satu dari sekian banyak bagian NHS yang dilanda serangan ransomware WannaCrypt awal tahun ini.

Infeksi terakhir mengakibatkan staf rumah sakit dan sistem telepon. Artinya staf rumah sakit tidak lagi bisa menggunak telepon dan pada hari Sabtu pagi minggu lalu NHS Lanarkshire memposting pernyataan singkat ini di halaman Facebook.

Pernyataan tersebut menyatakan bahwa karena masalah teknologi informasi NHS Lanarkshire, sistem bank dan telepon staf offline dan saat ini tidak tersedia. Pada saat itu, NHS Lanarkshire memperkirakan pemadaman sistem selama 72 jam, dan CEO Calum Campbell menghubungkan pemadaman tersebut ke perangkat lunak perusak atau malware.

Beberapa jam kemudian pada hari Sabtu pagi minggu lalu, NHS Lanarkshire memberikan sebuah update informasi yang meminta agar pasien menghindari kunjungan ke layanan darurat kecuali jika benar-benar diperlukan.

Pada hari Minggu, Campbell mencatat bahwa staf NHS Lanarkshire telah bekerja semalam untuk mengamankan dan mengembalikan sistem TI  dan menambahkan bahwa sistem yang terkena dampak sedang dalam proses diperbaiki. Campbell meminta maaf kepada pasien yang terkena dampak penghentian layanan dan berjanji bahwa janji mereka akan dijadwalkan kembali.

Sumber: The Register