Orangtua Harus Intervensi untuk Menghentikan Konsumsi Waktu Online Anak

Orangtua harus campur tangan untuk menghentikan anak-anak mereka menggunakan media sosial dan menghabiskan waktu secara online layaknya mereka menghabiskan junk food. Hal tersebut diungkapkan oleh Anne Longfiled, Children’s Commissioner Inggris.

Anne Longfield juga mengkritik cara-cara raksasa media sosial menarik anak-anak agar menghabiskan lebih banyak waktu di layanan mereka. Dia mengatakan bahwa orang tua harus bersikap proaktif dalam menghentikan anak-anak mereka dari kebiasaan menghabiskan waktu di internet, terutama pada liburan musim panas.

Anne Longfield juga telah meluncurkan sebuah kampanye untuk membantu orangtua yang memiliki masalah tersebut. Hal tersebut merupakan sesuatu yang setiap orangtua bicarakan terutama selama liburan sekolah. Anak-anak melihat media sosial seperti melihat manisnya permen dan waktu online mereka seperti junk food.

Ia menambahkan bahwa tak satu pun dari orangtua yang ingin anak-anaknya makan junk food setiap saat. Untuk alasan yang sama, orangtua seharusnya tidak ingin anak-anak mereka melakukan hal yang sama terhadap waktu online mereka.

Data di Inggris memperlihatkan bahwa tahun lalu  internet telah melampaui televisi sebagai media hiburan yang paling populer untuk anak-anak di Inggris. Anak-anak berusia lima sampai 15 tahun menghabiskan waktu hingga 15 jam seminggu di internet.

Sumber: BBC