Pemerintah AS Rilis Panduan Keselamatan Fidget Spinner

Sangat banyak orang yang memainkan Fidget Spinner. Mainan ini cukup populer dan dimainkan oleh semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun ternyata, mainan fidget spinner ini memiliki bahaya tertentu sehingga pemerintah AS mengeluarkan panduan keselamatan dalam memainkannya.

Badan pemerintah AS telah mengeluarkan panduan keselamatan untuk fidget spinner yang dioperasikan dengan baterai, menyusul adanya insiden mainan yang terbakar. Komisi Keamanan Produk Konsumen AS (CPSC) mengajurkan agar tidak mengecas mainan, beberapa di antaranya berkemampuan Bluetooth semalaman.  Anak-anak dari segala usia juga diperingatkan untuk tidak menaruh fidget spinner jenis apapun di mulut mereka.

Investigasi BBC baru-baru ini menemukan mainan yang tidak aman dijual di Inggris. Meski ditujukan untuk menghilangkan stres dan populer pada anak-anak dan orang dewasa, fidget spinner juga dilaporkan menjadi penyebab kecelakaan. Pimpinan operasi CPSC Ann Marie Buerkle dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pengguna atau pembeli fidget spinner harus melakukan beberapa tindakan pencegahan.

Fidget spinner harus dijauhkan dari anak-anak kecil. Fidget Spinner yang terbuat dari plastik dan logam bisa pecah dan menjadi potongan-potongan kecil yang bisa menimbulkan bahaya tersedak dan anak-anak yang lebih tua seharusnya tidak menaruh fidget spinner di mulut mereka. Komisi tersebut menginginkan semua pengecer untuk memastikan bahwa fidget spinner dipasarkan pada anak-anak berusia 12 tahun dan harus memenuhi Standar AS ASTM F963-16.

Laporan menunjukkan bahwa pada bulan Juni yang lalu, fidget spinner berkemampuan bluetooth yang memainkan musik dilaporkan terbakar setelah dibiarkan dicas selama 45 menit di sebuah rumah keluarga di Alabama. Gadget tersebut meninggalkan bekas kebakaran di karpet, namun bisa ditemukan oleh keluarga sebelum menyebabkan kerusakan lebih banyak.

Pada bulan Mei, fidget spinner yang dioperasikan dengan baterai terbakar setelah dicas  kurang dari setengah jam. Mainan tersebut dijual tanpa charger sendiri, jadi pengguna menggunakan charger dari perangkat lain.

Sumber: BBC