Kaspersky Bantah Memiliki Hubungan dengan Rusia

Eugene Kaspersky pendiri perusahaan antivirus Kaspersky telah membantah bahwa firma keamanan maya yang didirikannya dekat dengan pemerintah Rusia dan menegaskan bahwa Kaspersky tidak menimbulkan bahaya bagi pengguna di Amerika Serikat. Kaspersky mengatakan bahwa langkah pemerintahan Presiden Donald Trump yang melarang agen pemerintah menggunakan produknya merupakan situasi tidak nyaman bagi Kaspersky. Sebelumnya pemerintah AS mengatakan khawatir Kaspersky rentan terkena pengaruh Kremlin.

Pendiri perusahaan tersebut mengatakan bahwa meskipun saat ini ia tinggal di Moskow dan perusahaannya bekerja sama dengan penegak hukum Rusia terkait keamanan dunia maya, namun tidak ada ikatan yang lebih dalam. Tuduhan pemerintah AS yang menyatakan bahwa Kaspersky memiliki ikatan yang kuat dengan spionase Rusia tidak benar. Kaspersky mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan banyak lembaga penegak hukum di seluruh dunia di masa lalu termasuk dengan AS.

Sebagaimana diketahui Best Buy telah berhenti menjual produk Kaspersky, namun Kaspersky mengatakan bahwa dia telah melakukan diskusi positif dengan peritel lainnya. Kremlin telah mengkritik tindakan pemerintah AS yang menggambarkan larangan tersebut sebagai kompetisi yang tidak adil.

Eugene Kaspersky mengatakan bahwa dia ingin hubungan kedua negara meningkat dan meminta kerja sama internasional mengenai keamanan maya dan menegaskan bahwa hanya orang-orang jahat yang senang dengan situasi seperti sekarang.

Masalahnya bagi perusahaan adalah bahwa Rusia saat ini dianggap sebagai tempat berlindung bagi hacker dan penjahat dunia maya, dan pemerintahnya secara luas mengakui ikut campur dalam pemilihan presiden Amerika tahun lalu. Hal tersebut berarti bahwa bisnis Rusia yang menawarkan perangkat lunak keamanan cyber mungkin mengalami kesulitan untuk meyakinkan konsumen Amerika agar membeli produk yang menurut pemerintah mereka sendiri tidak aman.

Namun Kaspersky mengatakan bahwa orang Amerika dapat memiliki akses penuh terhadap aktivitas perusahaannya, Menurutnya ia akan membuka setiap pintu agar bisa diperiksa semuanya. Ia menegaskan bahwa Kaspersky tidak memiliki rahasia dan tidak melakukan hal buruk terhadap pelanggan dan melawan pemerintah Amerika Serikat.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Storm Infosec