Drone Bertabrakan dengan Pesawat Penumpang

Menteri Transportasi Federal Kanada, Marc Garneau mengatakan bahwa ia sangat disibukkan oleh sebuah peristiwa yang baru-baru ini terjadi. Peristiwa tersebut adalah tabrakan antara sebuah pesawat tak berawak atau drone dengan pesawat penumpang di atas bandara Jean Lesage di Quebec City pada hari Kamis yang lalu. Menurutnya, peristiwa tersebut seharusnya tidak terjadi karena pesawat tak berawak atau drone seharusnya tidak berada di sana.

Garneau mengonfirmasi bahwa pesawat terbang, pesawat Skyjet, hanya mengalami kerusakan ringan dan mengatakan bahwa dia merasa lega bahwa tidak ada yang terluka. Dia mengatakan bahwa peristiwa tersebut bisa saja jauh lebih serius dan jika pesawat tak berawak itu bertabrakan dengan kokpit atau mesinnya, bisa jadi bencana besar.

Garneau mengatakan bahwa penting untuk dicatat bahwa pesawat sangat rentan saat melakukan pendekatan terakhir, pilot berkonsentrasi untuk mendarat dengan benar. Juru bicara bandara mengatakan bahwa pesawat yang berasal dari Rouyn-Noranda, Que, membawa delapan penumpang dan mendarat dengan selamat.

Peritiwa tersebut merupakan yang pertama kalinya di Kanada di mana sebuah pesawat tak berawak bertabrakan dengan pesawat komersial dan penggunaan pesawat tak berawak di ketinggian tersebut melanggar peraturan. Garneau memperkirakan, pada saat benturan, pesawat tak berawak itu terbang pada ketinggian sekitar 450 meter atau 1.500 kaki.

Transportasi Kanada telah mengeluarkan serangkaian langkah keselamatan sementara untuk operator pesawat tak berawak dalam upaya mengatur industri drone. Berdasarkan peraturan sementara tersebut adalah ilegal untuk menerbangkan pesawat tak berawak dalam jarak 5,5 kilometer dari bandara dan 1,8 kilometer dari sebuah heliport tanpa izin khusus. Aturan sementara ini diberlakukan oleh Transport Canada namun Garneau mengatakan pada hari Minggu bahwa peraturan akhir akan disetujui pada 2018.

Peraturan yang diperbarui akan mencakup usia minimum untuk operator pesawat tak berawak, tes tertulis wajib dan pengguna diharuskan untuk mendaftarkan nama dan alamat mereka atas pesawat tak berawak itu sendiri. Peraturan juga menyebutkan siapapun yang membahayakan keamanan pesawat terbang bisa dipenjara atau denda denda 25.000 dollar AS.

Garneau menyatakan dalam sebuah rilis bahwa 1.596 insiden pesawat tak berawak telah dilaporkan ke Transport Canada pada tahun 2017, sebanyak 131 insiden di antaranya dianggap sebagai masalah keselamatan penerbangan.

Sumber: CBC Canada