FBI Gagal Mengakses 7000 Perangkat Mobile yang Dienkripsi

Direktur FBI mengatakan bahwa agen Federal Bureau of Investigation (FBI) tidak dapat mengambil data dari hampir 7.000 perangkat mobile yang telah mereka coba akses atau dalam kata lain gagal mengakses perangkat mobile tersebut. Christopher Wray, Direktur FB mengatakan enkripsi pada perangkat adalah masalah besar untuk penyelidikan FBI. Ia menambahkan, FBI telah gagal mengakses lebih dari separuh perangkat yang ditargetkannya dalam periode 11 bulan.

Seorang pakar keamanan cyber mengatakan bahwa enkripsi semacam itu sekarang ini merupakan fakta kehidupan. Banyak smartphone mengenkripsi isinya saat terkunci, sebagai standar fitur keamanan yang sering kali mencegah produsen ponsel untuk tidak mengakses data. Enkripsi semacam itu berbeda dengan enkripsi end-to-end, yang mencegah intersepsi komunikasi dalam skala besar.

Pakar keamanan cyber Prof Alan Woodward di University of Surrey mengatakan enkripsi perangkat jelas membuat penyelidikan kriminal menjadi frustasi, namun tidak praktis dan tidak aman untuk mengembangkan pintu belakang atau memperlemah keamanan.

Prof Alan Woodward menambahkan bahwa enkripsi yang menggagalkan investigasi forensik akan menjadi fakta kehidupan mulai sekarang bagi lembaga penegak hukum. Bahkan jika produsen perangkat tidak membangun enkripsi semacam itu akan memungkinkan untuk mendapatkan perangkat lunak yang mengenkripsi data dengan cara yang sama.

Mengacu pada trade-off antara cyber-security dan investigasi hacking, direktur FBI mengatakan bahwa ia mengerti ada keseimbangan yang perlu dipecahkan antara enkripsi dan pentingnya memberi FBI alat yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan publik.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2016, FBI meminta Apple untuk membuka iPhone yang digunakan oleh pembunuh San Bernardino, Syed Rizwan Farook. Apple menolak dan menjelaskan bahwa ponselnya telah dirancang sehingga bahkan pabrikan tidak dapat mengaksesnya karena dienkripsi. FBI kemudian mengatakan bahwa perusahaan pihak ketiga telah menemukan jalan untuk masuk ke perangkat Farook.

Sumber: BBC