Ibu Kenali Anaknya dalam Video Pelecehan Seksual

Seorang ibu di Jerman baru-baru ini telah mengenali putrinya sendiri yang berusia empat tahun setelah polisi Jerman merilis sebuah foto seorang anak dalam upaya untuk menemukan pelaku kekerasan seksual. Foto tersebut diambil dari video dan foto yang beredar di dark web. Tidak lama kemudian, seorang pria berusia 24 tahun ditangkap.

Polisi mengatakan bahwa mereka mengambil langkah yang tidak biasa dengan merilis foto tersebut karena mereka tidak dapat mengidentifikasi pelaku penyerangan terhadap anak tersebut. Polisi kemudian menerima banyak tanggapan  dari masyarakat setelah perilisan foto tersebut. Tak lama kemudian, seorang pria dari Wesermarsch menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak ditambah dengan produksi dan distribusi gambar penganiayaan anak.

Kasus tersebut melibatkan tim dari Federal Criminal Police Office, Central Office for Combating Internet Crime dan kejaksaan Frankfurt. Mereka mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas bantuan mereka sehingga bisa menangkap pelaku penyerangan terhadap anak tersebut. Video dan foto tersebut ditemukan pada bulan Juli, namun diyakini bahwa pelecehan tersebut telah terjadi sejak Oktober tahun lalu.

Menurut polisi, pelaku penyerangan dikenali oleh anak tersebut. Jim Gamble, mantan kepala eksekutif unit Eksploitasi Anak dan Perlindungan Online Inggris, mengatakan bahwa merilis gambar semacam itu harus menjadi upaya terakhir untuk penegakan hukum. Ini artinya jika masih ada cara lain, perilisan foto anak yang dilecehkan ke publik harus dihindari.

Ia menambahkan bahwa terdapat pilihan lain mencakup sirkulasi data foto furnitur terkait dengan lokasi pelecehan dan/atau pakaian tertentu yang dikenakan oleh anak. Citra wajah sebenarnya yang dapat dikenali harus selalu menjadi pilihan terakhir.

Dalam beberapa kasus, kepolisian memang dihadapkan pada masalah pelik untuk mengungkap identitas penyerang. Hal ini kadang membuat polisi tidak memiliki pilihan lain selain merilis foto si anak yang tentu saja membuat si anak dikenali banyak orang dan bisa berakibat negatif terhadap si anak. Upaya perilisan foto anak ini bisa ditempuh jika memang tidak ada cara lain. Polisi terlebih dahulu mengupayakan cara lain, selain menempuh cara ini.

Sumber: BBC