Jaminan Kecepatan Internet dari ISP Harus Realistis

Sering mendengar jaminan kecepatan internet dari ISP? Sering lihat promosi yang menunjukkan kecepatan internet dari ISP tertentu?

Di Inggris, pengguna internet diberi lebih banyak hak atas kecepatan koneksi karena Ofcom menerapkan peraturan yang lebih ketat mengenai bagaimana ISP mengiklankan layanan broadband. Proposal tersebut memberi konsumen hak untuk bebas dari kontrak tanpa kena penalti jika kecepatan turun di bawah minimum yang dijamin. Menurut Ofcom terdapat ketidakcocokan antara apa yang diiklankan dan kecepatan yang diterima pelanggan.

Gillian Guy, chief executive Citizens Advice, mengatakan bahwa banyak orang mencari pertolongannya setiap tahun karena layanan broadband mereka yang lamban dan terputus-putus tidak sesuai dengan kontrak yang dijanjikan. Ia menambahkan bahwa bagi kebanyakan orang, koneksi broadband yang andal adalah sebuah kebutuhan, jadi ketika mereka tidak mendapatkan apa yang telah mereka bayar, mereka harus selalu memiliki cara cepat dan mudah keluar dari kontrak mereka.

Menurutnya, perubahan yang dilakukan oleh Ofcom merupakan langkah penting dalam memberi konsumen lebih banyak kekuatan untuk menahan penyedia broadband karena layanan yang buruk. Kode praktik broadband Ofcom yang ada saat ini mengharuskan ISP memberikan perkiraan perkiraan kecepatan internet yang dapat mereka harapkan dari layanan mereka.

Jika peraturan yang diajukan lulus konsultasi, penyedia layanan broadband harus lebih spesifik mengenai kecepatan yang akan diterima pelanggan dan harus menetapkan kecepatan minimum yang dijamin untuk setiap paket. Hal ini bisa berarti perkiraan saat ini  hingga 17Mbps menjadi  minimal 10Mbps.

Jika kecepatan jatuh di bawah minimum yang dijamin, berdasarkan peraturan baru, ISP akan memiliki waktu satu bulan untuk memperbaiki masalah, dan jika tidak dapat diperbaiki, pelanggan dapat menghentikan kontrak tanpa dikenai penalti.

Sumber: BBC