1,7 Juta Pengguna Imgur Datanya Dicuri

Situs berbagi gambar Imgur telah mengkonfirmasi bahwa email dan password dari 1,7 juta pengguna dikompromikan pada tahun 2014. Pelanggaran data tersebut baru-baru ini terungkap setelah ditemukan oleh peneliti keamanan Troy Hunt.

Hunt mengatakan bahwa ia terkesan dengan respon cepat perusahaan tersebut. Imgur mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tidak ada data pribadi lain yang diambil karena tidak mengumpulkan informasi seperti nama asli dan nomor telepon.

Roy Sehgal, chief operating officer Imgur mengatakan bahwa mereka mohon maaf atas terjadinya pelanggaran data dan ketidaknyamanan yang ditimbulkannya. Sehgal mengatakan bahwa Imgur masih menyelidiki pelanggaran data tersebut, namun metode enkripsi sebelumnya, yaitu  hashing algorithm mungkin telah ditembus dengan metode brute force. Algoritma tersebut telah diganti pada tahun 2016.

Ia  menyarankan pengguna untuk menggunakan kombinasi email dan kata kunci yang berbeda untuk setiap situs dan aplikasi. Ia juga meminta agar pegguna selalu menggunakan kata sandi yang kuat dan sering memperbaruinya.

Troy Hunt melakukan tweet terkait serangan tersebut, mengatakan bahwa Imgur merilis sebuah pernyataan 25 jam setelah dia menghubungi perusahaan tersebut.  Sebelumnya, bulan ini juga terungkap bahwa aplikasi Uber telah menyembunyikan pelanggaran data tahun 2016 yang memengaruhi 57 juta pengguna dan driver.

Sumber: BBC