Apple Inc. Minta Maaf dan Tambal Lubang Keamanan

Apple Inc. telah merilis pembaruan untuk memperbaiki lubang keamanan utama di sistem operasi Mac dan mengakui bahwa  mereka merasa tersandung dengan perangkat lunak terbarunya. Cacatnya atau lubang keamanan yang diungkap pada hari Selasa, memungkinkan orang lain untuk mengakses Mac tanpa password dan juga memiliki akses ke hak administrator.

Apple Inc mengatakan bahwa mereka sangat menyesali kesalahan ini dan mohon maaf kepada semua pengguna Mac. Ketika teknisi keamanan menyadari masalah tersebut Selasa siang, mereka segera mulai mengupayakan update yang menutup lubang keamanan tersebut. Hari Rabu pagi, mulai pukul 08.00, update tersedia untuk diunduh dan mulai hari ini akan otomatis dipasang di semua sistem yang menjalankan versi terbaru (10.13.1) dari MacOS High Sierra.

Peristiwa ini merupakan kedua kalinya Apple Inc. secara paksa memperbarui komputer pengguna dan merespons kekhawatiran yang meluas bahwa jutaan komputer Mac berisiko. Pengguna yang menjalankan MacOS versi lama akan melihat pemberitahuan yang mendorong mereka untuk melakukan upgrade ke versi terbaru.

Apple Inc. mengatakan bahwa keamanan merupakan prioritas utama setiap produk Apple, namun sayangnya mereka kali ini tersandung dengan peluncuran MacOS. Apple menambahkan bahwa pengguna  pantas mendapatkan yang lebih baik dan Apple sedang mengaudit proses pengembangan untuk mencegah hal seperti ini terjadi lagi di masa depan.

Sumber: BBC