Google Lacak Pengguna Android Meskipun Layanan Lokasi Dimatikan

Google telah mengkonfirmasi bahwa mereka melacak lokasi pengguna Android melalui alamat gps lokal ponsel, bahkan saat layanan lokasi dimatikan dan kartu sim dihapus untuk melindungi privasi. Hal tersebut terungkap dalam sebuah laporan oleh Quartz, di mana sistem Android Google yang menangani layanan pesan untuk memastikan pengiriman push notification, mulai meminta alamat unik dari tiang telepon seluler (atau disebut Cell ID) pada awal 2017.

Informasi tersebut ditangkap oleh telepon dan dikirim secara rutin ke Google oleh perangkat Android modern manapun, bahkan saat layanan lokasi dimatikan dan kartu sim telah dihapus. Alhasil Google bisa secara teori melacak lokasi perangkat Android dan oleh karena itu pengguna, meskipun ada harapan privasi yang masuk akal.

Juru bicara Google mengatakan bahwa bulan Januari tahun ini, Google mulai mencari kode ID Seluler sebagai sinyal tambahan untuk lebih meningkatkan kecepatan dan kinerja pengiriman pesan. Namun, Google tidak pernah memasukkan Cell ID ke dalam sistem sinkronisasi jaringan sehingga data tersebut segera dibuang dan Google telah melakukan pembaruan agar tidak lagi meminta Cell ID.

Google meminta Cell ID, selain kode negara mobile dan kode jaringan seluler untuk mengidentifikasi negara dan operator telepon seluler yang menggunakan ponsel cerdas tersebut. Data tersebut digunakan untuk memastikan telepon tetap terhubung dengan benar ke sistem Firebase Cloud Messaging Google, yang menangani pengiriman pesan dan pemberitahuan ke smartphone.

Sambungan yang terus-menerus diperlukan agar sistem dapat bekerja, namun daripada terus terhubung, telepon akan melakukan ping ke server Google pada interval yang ditentukan. Semakin banyak ping, semakin besar daya baterai, maka data yang dikumpulkan tentang negara dan jaringan seluler digunakan untuk menghitung jumlah minimum ping yang diperlukan agar tetap terhubung tanpa menguras baterai yang disebut analisis detak jantung.

Manfaat memiliki alamat Cell ID untuk memastikan keandalan layanan pesan tidak jelas, namun melalui proses triangulasi posisi pengguna dapat diturunkan ke radius kira-kira minimal 400 meter dan seringkali jauh lebih akurat di daerah perkotaan. Google mengatakan bahwa data tersebut tidak pernah disimpan dan permintaan Cell ID akan berhenti pada akhir November, setelah memperbarui sistem pesan.

Pelacakan lokasi melalui ponsel cerdas adalah praktik umum yang digunakan oleh semua pemain utama, baik secara lokal pada perangkat atau dari jarak jauh di server dan digunakan untuk menyediakan banyak layanan yang diharapkan dari ponsel modern.

Di luar layanan pemetaan, data lokasi digunakan untuk menyampaikan cuaca, hasil berita lokal, layanan belanja, fitur augmented reality dan bahkan hal-hal yang biasa-biasa saja misalnya, memasangkan dua perangkat nirkabel yang berbeda hanya dengan colocation.

Sumber: The Guardian