Uber Bayar Hacker 100 Ribu USD untuk Hapus Data Curian 57 Juta Pengguna dan Pengemudi

Hacker mencuri data pribadi dari 57 juta pengguna dan pengemudi Uber Technologies Inc. Hal ini merupakan sebuah pelanggaran besar yang disembunyikan perusahaan tersebut selama lebih dari setahun. Atas peristiwa tersebut, Uber, start up paling bernilai saat ini telah memecat chief security officer dan salah satu deputinya karena peran mereka dalam menjaga hack tersebut agar tidak diketahui publik, termasuk pembayaran 100.000 dollar AS kepada para hacker.

Data yang dikompromikan dari serangan pada bulan Oktober 2016 mencakup nama, alamat email dan nomor telepon dari 50 juta pengemudi Uber di seluruh dunia. Informasi pribadi sekitar 7 juta pengemudi juga diakses, termasuk sekitar 600.000 SIM pengemudi. Namun, tidak ada nomor Jaminan Sosial, informasi kartu kredit, rincian lokasi perjalanan atau data lainnya yang dicuri.

Pada saat kejadian, secara terpisah, Uber sedang bernegosiasi dengan regulator A.S. yang menyelidiki klaim pelanggaran privasi. Uber mengatakan bahwa mereka memiliki kewajiban hukum untuk melaporkan serangan tersebut ke regulator dan kepada pengemudi yang nomor lisensinya diambil. Namun Uber tidak melaporkan serangan tersebut, malah lebih memilih membayar hacker untuk menghapus datanya dan menutup rapat-rapat peristiwa tersebut. Uber mengatakan pihaknya yakin informasi tersebut tidak pernah digunakan namun menolak untuk mengungkapkan identitas para hacker.

Dara Khosrowshahi, yang mengambil alih jabatan sebagai chief executive officer pada bulan September yang lalu mengatakan dalam sebuah pernyataan email bahwa tak satu pun dari hal tersebut harus terjadi dan ia tidak mencari-cari alasan untuk itu. Menurutnya, Uber saat ini mengubah cara mereka berbisnis. Setelah pengungkapan Uber, Jaksa Agung New York Eric Schneiderman meluncurkan penyelidikan mengenai hack tersebut. Perusahaan juga dituntut karena kelalaian atas pelanggaran oleh pelanggan yang bisa melakukan class action.

Sumber: Bloomberg. The New York Times, dll