YouTube akan Cegah Video Anak-anak yang Menganggu

YouTube mengumumkan bahwa mereka akan melakukan pencegahan terhadap video anak-anak yang mengganggu dan tidak pantas menyusul tuduhan bahwa situs tersebut mengaktifkan kekerasan infrastruktur melalui efek jangka panjang dari sistem rekomendasi kontennya.

Kebijakan baru tersebut akan memberlakukan batasan usia pada konten yang menampilkan penggunaan karakter hiburan keluarga yang tidak tepat seperti video tidak resmi yang menggambarkan Peppa Pig yang disiksa di dokter gigi. Sebelumnya YouTube sudah memiliki kebijakan bagi pembuat konten di mana video semacam itu tidak memenuhi syarat untuk pendapatan iklan dengan harapan dapat mengurangi motivasi untuk membuatnya terlebih dahulu.

Juniper Downs, direktur kebijakan YouTube mengatakan bahwa pada awal tahun 2017, YouTube telah memperbarui kebijakan membuat konten di mana konten yang menampilkan penggunaan karakter hiburan keluarga yang tidak semestinya tidak memenuhi syarat untuk monetisasi,. YouTube sedang dalam proses menerapkan kebijakan baru yang membatasi konten tersebut pada aplikasi utama YouTube saat ditandai. Konten dengan batasan usia tidak diizinkan secara otomatis di YouTube Kids.

Video dengan batasan usia tidak dapat dilihat oleh pengguna yang tidak masuk atau log in atau oleh mereka yang telah masuk layanan YouTube namun usia mereka di bawah 18. Hal yang lebih penting lagi, konten tersebut juga tidak muncul di YouTube Kids, aplikasi terpisah yang ditujukan untuk orang tua yang ingin membiarkan anak-anak mereka di bawah usia 13 menggunakan situs YouTube tanpa pengawasan.

Namun agar batasan usia berlaku, konten terlebih dahulu harus ditandai untuk ditinjau oleh pengguna normal. Konten tersebut kemudian ditinjau ulang oleh salah satu dari ribuan moderator yang bekerja di seluruh dunia.

Sumber: The Guardian