Ketentuan yang Lebih Keras untuk Lindungi Anak-anak Online

Situs web dan aplikasi akan dikenai ketentuan baru yang lebih kuat untuk melindungi privasi anak-anak secara online setelah kampanye lintas partai di House of Lords untuk mencegah dipantaunya aktivitas internet anak muda.

Pemerintah Inggris telah mengumumkan akan mendukung amandemen baru terhadap undang-undang perlindungan data. Lady Kidron yang filmnya termasuk Bridget Jones: The Edge of Reason, mengatakan bahwa data anak-anak terus dikumpulkan untuk membombardir mereka dengan iklan tertarget, mempertaruhkan informasi pribadi mereka yang disebarkan di seluruh web.

Dia sebelumnya telah menyoroti bagaimana perusahaan seperti Instagram yang dimiliki oleh Facebook, mengumpulkan dan berbagi alamat rumah dan sekolah anak-anak, melacak lokasi mereka dan menyimpan tanggal lahir, nomor telepon dan foto mereka.

Matt Hancock digital minister Inggris mengatakan bahwa departemennya telah sepakat untuk membuat sebuah proses undang-undang yang dengannya kode dari information commissioner mengenai rancangan situs web sesuai usia dapat diproduksi. Hal ini akan menetapkan standar privasi baru di situs web dan aplikasi untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun yang menjelaskan data pribadi apa yang dikumpulkan, bagaimana penggunaannya dan bagaimana anak-anak dan orangtua dapat mengendalikan data tersebut.

Langkah ini didukung oleh serangkaian organisasi media dan organisasi amal profil tinggi termasuk NSPCC, komisaris anak-anak untuk Inggris, Sky, TalkTalk, YoungMinds dan the Children’s Society. Amandemen ini secara tegas menetapkan bahwa anak-anak adalah anak-anak, bahkan secara online. Kita harus terus bekerja untuk memastikan bahwa prinsip yang sama tercermin dalam setiap aspek kehidupan digital anak.

Sumber: The Guardian