Mark Zuckerberg Berjanji untuk Memperbaiki Facebook

CEO Facebook Mark Zuckerberg telah berjanji untuk memperbaiki Facebook. Janji tersebut ia gambarkan sebagai tantangan pribadinya untuk tahun 2018 atau biasa disebut resolusi Zuckerberg untuk tahun 2018. Dalam sebuah posting di halamannya di Facebook, Zuckerberg mengatakan bahwa ia membuat terlalu banyak kesalahan dalam menegakkan kebijakan dan mencegah penyalahgunaan alat Facebook.

Sebagaimana diketahui, Zuckerberg terkenal menetapkan tantangan untuk dirinya setiap tahun sejak 2009. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Facebook telah mendapat kecaman karena mengizinkan berita palsu beredar selama pemilu AS dan pemilu lainnya. Facebook khususnya telah dikritik karena mengizinkan iklan politik yang terkait dengan Rusia menjelang pemilihan presiden AS 2016.

Zuckerberg mengatakan bahwa dia bermaksud untuk fokus pada isu penting yang dia sebut sebagai melindungi masyarakat dari pelecehan dan kebencian, melakukan pertahanan terhadap gangguan oleh negara, atau memastikan bahwa waktu yang dihabiskan di Facebook adalah waktu yang dihabiskan dengan baik.

Zuckerberg mengatakan bahwa Facebook tidak akan mencegah semua kesalahan atau penyalahgunaan, namun saat ini Facebook membuat terlalu banyak kesalahan dalam menegakkan kebijakan dan mencegah penyalahgunaan alat Facebook. Jika Facebook sukses tahun ini maka Facebook akan mengakhiri  tahun 2018 jauh lebih baik.

Zuckerberg mengatakan bahwa dia akan belajar lebih banyak dengan melihat secara intensif isu-isu tersebut daripada melakukan sesuatu yang benar-benar terpisah. Namun para kritikus mempertanyakan mengapa dia perlu membuat tantangan tahunan dari masalah ini. Maya Kossoff, seorang penulis di bidang teknologi mengatakan bahwa tantangan pribadi Zuckerberg 2018 untuk dirinya sendiri adalah melakukan pekerjaan yang seharusnya dia lakukan sebagai CEO Facebook.

Sumber: BBC