Dalang Cyber Crime Ditangkap di Spanyol

Seorang dalang kejahatan cyber yang dicurigai telah mencuri uang sekitar 1 miliar euro telah ditangkap di Spanyol. Pelaku yang ditangkap tersebut diduga menjadi kepala geng kejahatan terorganisir yang menjalankan kampanye malware Carbanak dan Cobalt yang menargetkan bank.

Europol mengatakan kelompok itu telah aktif sejak 2013 dan menyusup ke lebih dari 100 bank pada waktu itu. Uang tunai disedot melalui transfer bank atau diambil secara otomatis melalui mesin uang tunai.

Steven Wilson, pimpinan Europol’s Cyber-Crime Centre (EC3) mengatakan bahwa penangkapan tersebut merupakan keberhasilan yang signifikan terhadap kelompok kejahatan cyber. Europol’s Cyber-Crime Centre (EC3)  melakukan koordinasi penyelidikan lintas batas yang sudah lama berjalan terhadap kelompok tersebut. Ia menambahkan bahwa penangkapan tokoh kunci dalam kelompok kriminal ini menggambarkan bahwa para penjahat cyber tidak dapat lagi bersembunyi di balik anonimitas internasional yang dimanfaatkan selama ini.

Pencuri cyber tersebut memasukkan malware mereka di jaringan bank dengan mengirim email phising yang menjebak ke staf kunci bank. Kelompok penjahat menggunakan tiga generasi malware yang terpisah, masing-masing lebih canggih daripada yang terakhir untuk menembus dan kemudian mengintai di jaringan keuangan.

Setelah komputer staf kunci dikompromikan, kelompok kejahatan tersebut kemudian menggunakan akses jarak jauh mereka ke jaringan perbankan untuk mencuri uang dengan beberapa cara berbeda. Pertama melalui mesin uang yang diperintahkan untuk menyalurkan uang dari jarak jauh pada waktu tertentu sehingga anggota kelompok bisa mengambil uang tersebut.

Kedua melalui sistem transfer uang antarbank yang diinstruksikan untuk memindahkan uang tunai ke rekening kriminal. Ketiga melalui pengubahan database rekening untuk meningkatkan saldo rekening. Para kriminal kemudian memindahkan uang tersebut melalui mesin uang tunai. Uang curian tersebut kemudian dicuci melalui mata uang crypto dan kartu pembayaran, yang digunakan untuk membeli barang mewah termasuk mobil dan rumah.

Sumber: BBC