Perusahaan Inggris Terlibat Pencucian Bitcoin

Sebuah perusahaan Inggris telah dikaitkan dengan pencucian 650.000 bitcoin yang dicuri yang nilainya bisa mencapai 4,5 miliar pound. Hal ini diungkapkan melalui sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh Radio BBC 4. Koin tersebut dicuri oleh peretas dari bursa Bitcoin yang berbasis di Tokyo, Mt Gox sehingga membuat puluhan ribu pelanggan kehabisan uang.

Tidak jelas siapa yang memegang kendali atas perusahaan yang selalu ada di London, Always Efficient LLP. Operator Mt Gox Mark Karpeles meminta maaf kepada investor dan mengatakan bahwa dia bekerja sama dengan penyelidikan tersebut.

FBI telah menuduh seorang warga negara Rusia melakukan pencucian bitco yang dicuri. Mt Gox mencocokkan mereka yang ingin membeli crypto-currency dengan dolar, pound dan denominasi internasional lainnya dengan mereka yang ingin menjual bitcoin, dan menangani sekitar 70% perdagangan Bitcoin di dunia.

Hampir setengah dari perdagangan Bitcoin dilakukan dengan yen Jepang dan bahkan ada kelompok gadis Jepang, Virtual Currency Girls, yang mencerminkan kegemaran Jepang akan uang maya. Namun sekelompok peneliti amatir, WizSec, menemukan bahwa peretas telah menargetkan Mt Gox. Mereka secara sistematis mencuri akun pengguna, menyembunyikan jejak mereka dari operator Mt Gox selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2014, CEO Mt Gox Mark Karpeles, membuat pernyataan yang mengerikan bahwa ratusan ribu koin hilang. Ketika pelanggan mendapati diri mereka tidak dapat menarik dana, situs tersebut ambruk.
Bagaimana koin-koin itu hilang awalnya adalah misteri. Namun sekarang penyidik ​​mengatakan hampir setengah koin curian dari Mt Gox berakhir di bursa saingan BTC-e. FBI mengatakan BTC-e adalah pusat kejahatan cyber dan membantu mencuci uang dari hacking, termasuk serangan ransomware yang menimpa NHS dan organisasi lainnya tahun lalu. Akan tetapi berusaha mencari tahu siapa yang mengoperasikan BTC-e tidak mudah. Bursa tersebut diklaim dioperasikan oleh perusahaan Inggris bernama Always Efficient LLP.

Sumber: BBC