Tumblr Mengaku Digunakan Rusia untuk Berita Palsu

Platform blogging Tumblr telah membuka kedok 84 akun yang menurut mereka digunakan oleh kelompok bayangan internet Rusia untuk menyebarkan disinformasi selama kampanye pemilu AS 2016 yang lalu.

Tumblr mengatakan bahwa mereka mengungkapkan skema tersebut pada akhir 2017. Tumblr ikut membantu penyelidikan yang menyebabkan dakwaan terhadap 13 orang terkait dengan Badan Riset Internet (IRA) yang berbasis di Rusia.

Pengumuman yang dilakukan Tumblr tersebut menambahkan Tumblr ke daftar platform internet yang ditargetkan dalam kampanye media sosial yang menurut pejabat AS berusaha mengganggu pemilihan 2016 dan membantu meningkatkan upaya Donald Trump untuk mengalahkan Hillary Clinton.

Tumblr mengatakan bahwa pihaknya menemukan akun tersebut digunakan sebagai bagian dari kampanye disinformasi yang mengarah ke pemilihan AS 2016. Tumblr telah memberi tahu penegak hukum, menghapus akun dan menghapus postingan saat bekerja di belakang layar bersama dengan Departemen Kehakiman AS.

Tumblr mengatakan bahwa mereka saat ini bebas untuk mengungkapkan apa yang terjadi dan mempersiapkan langkah-langkah untuk melindungi platform terhadap kampanye disinformasi lebih lanjut.

Dalam sebuah pernyataan Tumblr mengatakan bahwa mereka akan memberi tahu melalui email siapa saja yang suka, me-reblog, membalas, atau mengikuti akun terkait IRA dengan daftar nama pengguna yang mereka gunakan. Daftar tersebut juga mencantumkan 84 nama pengguna yang terkait dengan troll farm Rusia sehingga pengguna dapat melihat apakah mereka memiliki interaksi dengan entitas tersebut.

Sumber: The Guardian