Twitter Suspended Akun karena Pencurian Tweet

Twitter melanjutkan pertarungannya melawan tweetdecker. Seminggu yang lalu, Twitter menangguhkan beberapa akun populer yang dikenal karena mencuri tweets atau melakukan retweet tweet retweeting secara massal agar menjadi viral.

Beberapa akun yang di-suspend oleh Twitter adalah @Dory, @GirlPosts, @SoDamnTrue, Girl Code/@reiatabie, Common White Girl/@commonwhitegiri, @teenagernotes, @finah, @holyfag, dan @memeprovider. Banyak dari akun ini sangat populer dengan ratusan ribu bahkan jutaan follower.

Selain mencuri tweet orang lain tanpa kredit, beberapa akun tersebut dikenal sebagai tweetdecker, sebuah praktik kerja sama dalam kelompok Tweetdeck eksklusif dan me-retweet secara massal satu sama lain dan membayar pelanggan melakukan tweet untuk memaksa menjadi viral. Seorang juru bicara Twitter menolak berkomentar mengenai akun individual, namun bisa dipahami bahwa akun tersebut diskors karena melanggar kebijakan spam Twitter.

Tweetdecking seperti namanya adalah pelanggaran eksplisit terhadap kebijakan spam Twitter, yang tidak memungkinkan pengguna untuk “menjual, membeli, atau mencoba meningkatkan interaksi akun secara artifisial. Setelah BuzzFeed News menemukan praktik tweetdecking pada bulan Januari, Twitter mengumumkan perubahan pertarungan spam baru ke Tweetdeck, termasuk menghapus kemampuan untuk secara bersamaan meretweet tweet di beberapa akun.

Meskipun demikian, tweetdecking terus berlanjut. Oleh karena tidak lagi bisa melakukan retweet massal dengan satu klik di Tweetdeck, banyak decker yang analog, mengajukan permintaan DM untuk RT 4 RT secara manual.

Tindakan ini tentu bukan pertama kalinya weetdeckers telah ditangguhkan dan tidak mungkin menjadi yang terakhir. Namun, suspensi massal yang terjadi minggu lalu belum pernah terjadi sebelumnya dalam lingkup mereka. Beberapa akun yang ditangguhkan termasuk @Dory dan @GirlPosts telah mengumpulkan jutaan follower.

Sumber: BuzzFeed