Facebook Akui Kumpulkan Data Non-user

Mark Zuckerberg, CEO Facebook harus menghadapi dan menjawab pertanyaan pertanyaan keras dari anggota parlemen AS. Salah satu pertanyaan tersebut adalah apakah Facebook Inc. mengumpulkan informasi tentang pengguna (internet) yang tidak terdaftar sebagai pengguna Facebook. Jawabannya adalah ya. Hal ini berarti Mark mengakui sesuatu yang telah dilaporkan, tetapi tidak diungkapkan secara publik oleh Facebook.

Zuckerberg mengatakan bahwa secara umum Facebook mengumpulkan data tentang orang-orang yang tidak mendaftar Facebook untuk tujuan keamanan. Anggota Kongres yang bertanya tentang hal ini adalah Ben Lujan, seorang Demokrat New Mexico. Ia mengatakan praktik tersebut menciptakan profil bayangan atau shadow profile.

Lujan mengatakan kepada Zuckerberg bahwa Facebook bahwa semua orang mengontrol data mereka, tetapi Facebook mengumpulkan data pada orang-orang yang bukan pengguna Facebook yang tidak pernah menandatangani persetujuan perjanjian privasi. Ini membuat mereka yang memiliki profil bayangan tidak bisa mengontrol data mereka yang dipanen oleh Facebook.

Zuckerberg berkilah bahwa praktik pengumpulan data nonuser tersebut dimaksudkan untuk membantu mencegah pelaku jahat mengumpulkan informasi publik dari pengguna Facebook, seperti nama. Menurutnya Facebook perlu tahu ketika seseorang mencoba untuk berulang kali mengakses layanan Facebook.

Sebelumnya, Gizmodo dan banyak lainnya melaporkan bahwa Facebook membangun profil bayangan dari orang-orang yang bukan pengguna dengan mengakses data dari inbox dan kontak smartphone dari mereka yang merupakan pengguna aktif. Zuckerberg mengatakan dia tidak akrab dengan istilah profil bayangan, meskipun beberapa laporan berita telah menggambarkan praktik Facebook seperti itu di masa lalu.

Sumber: Bloomberg