Facebook Mungkin Didenda Miliaran Dollar karena Fitur Tag Suggestions

Facebook bisa dikenai denda miliaran dolar setelah hakim federal memutuskan bahwa perusahaan harus menghadapi gugatan class action. Gugatan tersebut menyatakan bahwa fitur pengenal wajah Facebook melanggar hukum negara bagian Illinois dengan menyimpan data biometrik tanpa persetujuan pengguna.

Gugatan tersebut melibatkan fitur Tag Suggestions yang mengidentifikasi pengguna di foto yang diunggah dan menyarankan pemberian tag otomatis pada teman-teman pengguna Facebook. Fitur ini diluncurkan pada 7 Juni 2011. Menurut gugatan tersebut, para penggugat menduga bahwa Facebook mengumpulkan dan menyimpan data biometrik mereka tanpa pemberitahuan atau persetujuan sebelumnya yang melanggar hak privasi mereka. Illinois Biometric Information Privacy Act (BIPA) membutuhkan persetujuan eksplisit sebelum perusahaan dapat mengumpulkan data biometrik seperti sidik jari atau profil pengenalan wajah.

Perlu dicatat bahwa Facebook menambahkan lebih banyak notifikasi langsung yang mengingatkan pengguna pada fitur pengenalan wajah, tetapi gugatan ini didasarkan pada pengumpulan data pengguna sebelumnya. Dengan adanya class action tersebut, jutaan pengguna Facebook dapat secara kolektif menuntut perusahaan, dengan pelanggaran BIPA menimbulkan denda antara 1.000 hingga 5.000 dolar AS setiap kali foto seorang pengguna digunakan tanpa izin.

Fitur Tag Suggestion berfungsi dalam empat langkah. Pertama perangkat lunak mencoba mendeteksi wajah di foto yang diunggah. Setelah terdeteksi, Facebook menghitung tanda tangan wajah, yaitu  serangkaian angka yang mewakili gambar wajah tertentu berdasarkan foto pengguna dan database template wajah yang digunakan sistem untuk mencari tanda tangan wajah untuk kesesuian. Jika tanda tangan wajah cocok, Facebook kemudian menyarankan tag. Facebook tidak menyimpan tanda tangan wajah dan hanya menyimpan template wajah.

Facebook mengatakan fitur penandaan otomatisnya mendeteksi 90 persen wajah di foto. Gugatan terhadap Facebook mengatakan sekitar 76 persen wajah di foto tanda tangan wajahnya telah dikomputasi. Fitur Tag Suggestions ini hanya tersedia di beberapa pasar layanan Facebook terutama ditawarkan untuk pengguna di AS dengan opsi untuk mematikan fitur.

Sumber: The Verge