Facebook Terlalu Lambat Menangani Akun yang di-Hack

Seorang musisi yang akun Facebooknya dibajak telah mendesak Facebook untuk mempermudah pengguna untuk memulihkan kendali atas halaman media sosial mereka. Penyanyi country dan gospel Philippa Hanna mengatakan Facebook sulit untuk dihubungi dan butuh beberapa hari untuk melakukan tindakan.

Penyerang telah mengubah rincian kontak dan nama pengguna sehingga Hanna dikunci dari akunnya sendiri dan penyerang bahkan mengejek pengikutnya. Facebook mengatakan memiliki saluran pelaporan khusus, tetapi sedang menyelidiki kasus tersebut. Hanna telah mendukung Lionel Ritchie, Leona Lewis dan Little Mix dalam tur dan memiliki lebih dari 5.000 teman dan 6.000 pengikut di Facebook. Dia khawatir dengan pembajakan karena menggunakan akunnya untuk mempromosikan musiknya dan akunnya terkait dengan situs web lain yang menyimpan detail banknya.

Hanna mengatakan dia menghubungi Facebook segera setelah dia menyadari apa yang telah terjadi, tetapi merasa sangat sulit untuk mendapatkan jawaban. Menurutnya, salah satu hal terburuk terjebak dalam lingkaran email otomatis yang memberi tahunya untuk mencoba hal yang sama yang sudah ia coba sebelumnya.

Teman-temannya mencoba melaporkan halaman, tetapi Facebook terus datang kembali dengan mengatakan tidak ada yang menyinggung terkait akun tersebut. Ia mengatakan tidak ada pilihan untuk mengatakan halaman telah dibajak. Ada opsi akun palsu, tetapi akun tersebuty bukan akun palsu melainkan dicuri.

Hanna mengakui bahwa alamat email yang dia gunakan untuk mengatur akunnya tidak lagi aktif, jadi Facebook tidak dapat mengirim tautan ulang untuk membuka kuncinya. Namun dia kecewa karena salah satu saran otomatis Facebook adalah menghapus akun tersebut. Saran tersebut tak dapat ia terima karena akun tersebut telah ia membangunnya selama 10 tahun, menggunakannya untuk karir sebagai musisi independen.

Sumber: BBC