YouTube Kids Tambahkan Kontrol Orangtua terhadap Video

Google mengatakan akan menambahkan kontrol baru untuk orangtua ke aplikasi YouTube Kids setelah video yang tidak pantas berulang kali ditemukan di layanan tersebut. Salah satu opsi yang ditambahkan adalah mencegah saluran yang belum diperiksa oleh moderator manusia muncul di aplikasi. Itu artinya, nantinya hanya saluran yang sudah diperiksa moderator manusia yang bisa muncul.

Orangtua akan dapat memilih antara daftar putar yang dikurasi manusia dan membiarkan algoritma YouTube memutuskan apa yang dapat ditonton anak-anak di aplikasi. Namun seorang pakar mengatakan perubahan tersebut masih belum cukup baik. Kritik tetap ada karena fitur tersebut berupa pilihan, bukan sesuatu yang default.

Presenter Ed Petrie mengatakan bahwa YouTube tidak bisa memahami fakta bahwa ketika menyediakan konten untuk anak-anak, ada kebutuhan etis bagi setiap orang  untuk melihat dan mendengarkan konten tersebut sebelum masuk ke otak anak. Sementara, badan amal anak-anak NSPCC mengatakan kontrol yang lebih ketat tersebut menjanjikan, tetapi terlalu lama tertunda.

Orangtua harus memiliki keyakinan bahwa platform yang dirancang untuk anak-anak hanya menunjukkan konten yang sesuai, dan video yang membuat anak mungkin merasa tertekan atau menjengkelkan tidak lolos sehingga bisa ditonton anak-anak.

Penambahan kontrol baru tersebut merupakan upaya Google untuk memberikan konten yang lebih bagus bagi anak-anak melalui aplikasi YouTube Kids. Berbagai laporan sebelumnya menunjukkan bahwa banyak konten video di aplikasi YouTube Kids tidak sesuai dengan usia anak-anak. Upaya ini diharapkan bisa menghapus konten yang tidak pantas tersebut.

Sumber: BBC