Review Bintang Lima Palsu Diperjualbelikan secara Online

Investigasi yang dilakukan oleh BBC menunjukkan bukti jual-beli review atau ulasan online palsu secara terbuka. Penyelidikan langsung yang dilakukan BBC 5 bisa membeli rekomendasi bintang lima palsu yang ditempatkan di salah satu situs web ulasan terkemuka di dunia, yaitu Trustpilot. BBC 5 menemukan forum online di mana pembeli Amazon ditawarkan pengembalian uang penuh sebagai imbalan atas ulasan produk.

Tingginya popularitas situs review online berarti mereka semakin diandalkan oleh bisnis dan pelanggan Competition and Markets Authority Inggris memperkirakan ulasan atau review tersebut berpotensi memengaruhi 23 miliar pondspengeluaran pelanggan Inggris setiap tahun.

Sementara tiga perempat dari orang dewasa Inggris menggunakan situs web tinjauan atau review online. Dari sebuah survei terhadap 1.500 penduduk Inggris yang dilakukan oleh Chartered Institute of Marketing ditemukan hampir separuh dari mereka percaya bahwa mereka telah melihat ulasan palsu. Beberapa analis AS memperkirakan sebanyak setengah dari ulasan untuk produk tertentu yang dipasang di situs web internasional seperti Amazon berpotensi tidak dapat diandalkan.

Pada tahun 2016 yang lalu, Amazon memperkenalkan berbagai langkah yang melarang incentivised reviews di mana bisnis menawarkan barang gratis kepada pelanggan sebagai imbalan atas ulasan positif. Tommy Noonan dari ReviewMeta mengatakan bahwa hal ini secara efektif mendorong masalah di bawah tanah yang menyebabkan munculnya kelompok-kelompok Facebook di mana pelanggan potensial Amazon didorong untuk membeli produk dan memposting ulasan sebagai imbalan pengembalian dana penuh.

Penyelidikan langsung BBC 5 mengidentifikasi beberapa kelompok tersebut dan dalam beberapa menit setelah bergabung, didekati dengan tawaran pengembalian dana penuh atas produk yang dibeli di Amazon dengan imbalan ulasan positif. Jadi ulasan dengan bintang lima belum tentu sebuah ulasan yang jujur, bisa saja merupakan ulasan yang diperjualbelikan.

Sumber: BBC

Sumber Foto: CBC Ca