Bug Privasi Pengaruhi 14 Juta Pengguna Facebook

Sebuah bug perangkat lunak membuat jutaan pengguna Facebook mungkin tanpa sadar memposting informasi pribadi ke publik. bu tersebut mennimbulkan kesalahan menetapkan pos pengguna untuk dibagikan kepada semua orang atau publik meskipun sebelumnya pengguna telah memilih opsi yang lebih terbatas, seperti teman dari teman.

Kepala privasi Facebook mengatakan bahwa Facebook meminta maaf atas kesalahan tersebut. Pengguna yang mungkin telah terpengaruh oleh bug akan diberi tahu di news feed. Egan mengatakan bahwa Facebook menemukan bug yang secara otomatis menyarankan untuk memposting secara publik ketika beberapa orang membuat posting Facebook mereka. Facebook telah memperbaiki masalah ini dan memberitahu semua orang yang terkena pengaruh dan meminta mereka untuk meninjau posting yang mereka buat selama waktu tertentu.

Bug tersebut aktif antara tanggal 18 dan 22 Mei, seorang juru bicara Facebook menambahkan, tetapi dibutuhkan hingga 27 Mei untuk mengalihkan kembali posting ke private atau apa pun pengguna biasanya digunakan sebelum bug tersebut muncul.

Ketika pengguna memposting sesuatu ke Facebook, ada opsi menu yang menentukan siapa yang akan melihat postingan tersebut. Jika pengguna memilih publik, siapa pun dapat melihat postingan. Pilihan lain membatasi audiens, dengan sebagian besar pengguna biasanya memposting pembaruan yang menjangkau teman-teman mereka. Facebook mengingat pengaturan terakhir yang dipilih pengguna dan secara otomatis memilihnya ketika pengguna membuat posting di lain waktu.

Namun, antara 18 dan 22 Mei tahun ini, bug akan mengatur posting ke publik bahkan jika pengguna, di posting sebelumnya, memilih sesuatu yang lebih pribadi. Facebook mengatakan memperkirakan 14 juta orang melakukannya dan mulai memberi tahu pengguna. Sementara itu, Facebook telah mengembalikan audiens untuk setiap posting yang terpengaruh ke pengaturan apa pun yang telah dipilih pengguna sebelumnya.

Sumber: BBC