Waktu yang Dihabiskan Pengguna di Instagram Sama Banyak dengan di Facebook

Pada bulan Juni 2018 ini pengguna Instagram di AS menghabiskan waktu di Instagram hampir sebanyak pengguna Facebook menghabiskan waktu mereka di aplikasi Facebook. Statistik ini untuk pengguna perangkat Android.

Rata-rata, pengguna Instagram menghabiskan 53 menit per hari di aplikasi Instagram for Android pada bulan Juni, hanya lima menit lebih sedikit daripada yang dihabiskan pengguna Facebook dengan aplikasi mereka. Pengguna Snapchat rata-rata menghabiskan 49,5 menit di aplikasi Snap.

Facebook, yang membeli Instagram pada tahun 2012, telah mengalami pertumbuhan stagnan dalam waktu yang dihabiskan di aplikasi andalannya. Jika stagnasi itu berlanjut, Facebook harus semakin bergantung pada Instagram untuk pertumbuhan di antara para pengguna individual.

Kembali pada tahun 2017, Snapchat memiliki sedikit keunggulan di Instagram terakit dengan waktu yang dihabiskan di aplikasi, tetapi sejak itu pula Instagram berhasil berada di depan Snapchat.

Waktu yang dihabiskan di aplikasi menjadi penting karena lebih banyak waktu dalam aplikasi berarti orang mungkin melihat lebih banyak iklan sehingga aplikasi bisa menghasilkan uang. Perang besar di perangkat seluler saat ini adalah untuk perhatian pengguna. Aplikasi Instagram, Facebook dan Snapchat plus  banyak perusahaan media tradisional seperti Disney dan Netflix, semuanya mencari cara untuk menarik perhatian dalam lanskap yang semakin kompetitif.

Apa yang membuat persaingan itu menarik adalah bahwa beberapa perusahaan juga mulai memikirkan adanya batasan atau setidaknya lebih banyak informasi tentang seberapa banyak waktu yang dihabiskan orang yang menggunakan produk mereka. Apple baru-baru ini mengumumkan fitur-fitur baru di dalam iOS terbaru yang akan menunjukkan kepada pengguna berapa banyak waktu yang mereka habiskan dalam menggunakan aplikasi tertentu. Facebook dan Instagram mengatakan mereka ingin melakukan hal yang sama.

Sumber: Recode