Barang dengan Tema Nazi Ditemukan di Amazon

Laporan menunjukkan bahwa Amazon membantu kelompok-kelompok kebencian meraih untung dengan membiarkan mereka menjual barang-barang bertema Nazi di tokonya. Studi ini menemukan banyak kelompok kebencian menjual barang di toko Amazon yang dimereki dengan citra Nazi, termasuk pakaian, perhiasan dan replika militer. Beberapa kelompok kebencian juga menjual musik dan buku-buku yang merayakan pandangan mereka melalui Amazon.

Amazon kini telah menghapus beberapa barang dari daftarnya dan mengatakan siapa pun yang melanggar pedomannya akan menghadapi tindakan cepat.

Laporan oleh dua organisasi AS, Partnership for Working Families dan the Action Center on Race and the Economy menunjukkan cara kelompok supremasi kulit putih menggunakan Amazon untuk membiayai diri mereka sendiri. Laporan merek menunjukkan bahwa kebijakan Amazon yang lemah dan tidak cukup ditegakkan memberikan gerakan rasis, Islamofobik dan anti-Semit dengan berbagai cara untuk menghasilkan uang, menyebarkan ide-ide mereka dan tumbuh besar.

Dua kelompok di atas menemukan berbagai macam barang yang menampilkan simbol kebencian yang sudah ada seperti swastika dan gambar-gambar anti-kulit hitam serta gambar modern yang diadopsi oleh kelompok rasis. Para penulis, musisi, dan aktivis yang rasis secara terbuka juga menjual konten mereka melalui Amazon.

Sementara Amazon memiliki kebijakan khusus yang melarang produk yang mempromosikan atau mengglorifikasikan kebencian, kekerasan, rasial, intoleransi seksual atau agama atau mempromosikan organisasi dengan pandangan seperti itu, namun Amazon melakukan pekerjaan yang buruk dalam menegakkan pendirian mereka sendiri atau dalam menegakkan aturan mereka sendiri.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa Amazon memiliki sejarah menanggapi dengan lambat atau tidak menanggapi sama sekali tekanan publik serta tidak berusaha mencegah kelompok kebencian menggunakan platformnya secara efektif. Kelompok tersebut mendesak Amazon untuk mengambil kedudukan publik yang jelas pada gerakan kebencian dan menghentikan kelompok tersebut untuk terus mendapatkan keuntungan.

Amazon telah menghapus banyak barang yang ditemukan oleh laporan tersebut dan mengatakan bekerja untuk menghentikan konten streaming musisi neo-Nazi. Dalam sebuah pernyataan, Amazon mengatakan penjual di pasarnya harus mengikuti pedoman dan mereka yang tidak tunduk pada tindakan cepat termasuk potensi penghapusan akun.

Sumber: BBC