Facebook Bekukan Akun Alex Jones

Alex Jones, ahli teori konspirasi Amerika yang menjalankan situs web InfoWars, telah dibekukan dari Facebook karena bullying dan perkataan yang mendorong kebencian. Pembekuan ini bersifat sementara, yaitu akan berlangsung selama 30 hari dan hanya memengaruhi akun pribadi Jones di Facebook, bukan akun InfoWars utama. Profilnya akan terus dipublikasikan, tetapi dia tidak akan dapat memposting konten sampai pembekuan sementara tersebut berlalu.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa Jones ditemukan telah melanggar standar komunitas Facebook. Menurut juru bicara Facebook, standar komunitas menjelaskan bahwa Facebook melarang konten yang mendorong kerusakan fisik (bullying), atau menyerang seseorang berdasarkan afiliasi keagamaan atau identitas gender mereka (perkataan yang mendorong kebencian).

Facebook telah menghapus konten yang melanggar standar  komunitas tersebut segera setelah mereka menyadarinya. Dalam hal ini, Facebook menerima laporan terkait empat video berbeda di laman yang disimpan oleh InfoWars dan Alex Jones di Facebook. Facebook meninjau konten berdasarkan standar komunitas dan memutuskan bahwa konten tersebut melanggar. Keempat video telah dihapus dari Facebook.

Dengan pembekuan sementara ini berarti Jones tidak akan dapat memposting konten ke halaman yang mana ia bertindak sebagai admin halaman tersebut. Karena penangguhan hanya berlaku untuk Jones secara pribadi, saluran yang menggunakan namanya di Facebook akan tetap aktif, seperti halnya InfoWars sendiri, yang memiliki beberapa administrator halaman. Tujuan pembekuan ini adalah untuk mencegah individu bekerja di sekitar larangan dengan menggunakan beberapa halaman untuk melanggar kebijakan.

Menurut sumber Facebook, Jones sebelumnya telah diperingatkan bahwa dia telah berulang kali melanggar kebijakan Facebook dan mengatakan bahwa pada saat dia melakukannya, dia akan diskors selama 30 hari.

Facebook sebelumnya telah dituduh terlalu longgar untuk akun-akun profil tinggi bahkan jika mereka berulang kali melanggar kebijakan. Awal bulan ini, Channel 4 mengungkapkan, bahwa beberapa akun, termasuk  mereka yang jadi ikon Alt-Right Tommy Robinson dan Britain First, ditandai sebagai terlindung dan dicegah dari penghapusan bahkan ketika pengguna normal akan menghadapi tindakan.

Facebook telah berulang kali diminta untuk menghpaus InfoWars yang terkenal karena mempromosikan teori konspirasi bahwa penembakan sekolah Sandy Hook tidak pernah terjadi, dan bahwa orang tua yang bersedih adalah yang dibuat-buat yang mencoba mendorong agenda anti senjata.

Sumber: BBC