Pengemudi Uber Lakukan Streaming Pakai Kamera Tersembunyi

Seorang pengemudi dari Uber dan Lyft menyiarkan video para penumpangnya secara online ketika mereka membawa penumpang. Kedua pengemudi ini telah ditangguhkan dari kedua layanan tersebut.

Jason Gargac nama pengemudi tersebut menyiarkan secara langsung perjalanan penumpangnya melalui situs video-sharing Twitch, di mana penonton akan mengomentari perilaku dan penampilan mereka. Surat kabar lokal St Louis Post-Dispatch mengatakan penumpang terlihat berciuman, muntah dan bergosip tentang keluarga dan rekan kerja mereka di video tersebut. Saluran Twitch-nya kemudia telah ditangguhkan oleh Twitch. Gargac bekerja sebagai sopir Uber dan Lyft paruh waktu di St Louis, Missouri, AS.

Menurut St Louis Post-Dispatch, penumpang tidak selalu tahu ketika  Gargac melakukan live streaming perjalanan mereka dari kamera yang dipasang di kaca depan. Praktik ini biasanya tidak ilegal di Missouri selama satu pihak, dalam hal ini Gargac telah diberikan izin untuk melakukan rekaman berlangsung. Namun, ada aturan tambahan tentang penyiaran rekaman langsung di mana seseorang mungkin memiliki harapan privasi yang masuk akal.

Banyak penonton video Gargac meninggalkan komentar menghina pada video, melakukan penilaian terhadap penumpang untuk daya tarik mereka. Beberapa video juga mengungkapkan nama dan alamat penumpang.

Menyusul pertanyaan dari surat kabar, Uber mengatakan telah menangguhkan Gargac. Uber mengatakan bahwa perilaku yang mengganggu dalam video tersebut tidak sejalan dengan pedoman komunitas Uber. Uber juga telah menghapus akses pengemudi ke aplikasi, sementara Uber mengevaluasi kemitraannya. Lyft juga telah menangguhkan Gargac.

Sumber: BBC