Perusahaan Pengiriman China Terinfeksi Ransomware

Sebuah perusahaan pengiriman China dengan nama Cosco telah terjerat Windows ransomware. Infeksi telah membuat beberapa komunikasi elektronik gagal di beberapa lokasi di Amerika Utara. Dalam sebuah pernyataan, Cosco mengatakan  bahwa telah terjadi kerusakan jaringan lokal di wilayah Amerika. Mereka menambahkan bahwa mereka telah mengisolasi kantor sambil melakukan penyelidikan.

China Ocean Shipping merupakan perusahaan pengangkut peti kemas terbesar dan perusahaan terbesar keempat dalam bisnis operator maritim di dunia.

Situs web AS Cosco plus email dan banyak saluran telepon, semuanya dilaporkan tidak bisa dioperasikan karena adanya serangan ransomware tersebut. Alih-alih menggunakan sistem komunikasinya sendiri. infeksi  ransomware memaksa staf Cosco untuk menggunakan Twitter dan alamat email gratis Yahoo untuk menangani pertanyaan.

Tidak jelas varian mana dari malware Windows yang menghantam perusahaan Cosco. Cosco hanya mengatakan kepada media lokal di Long Beach bahwa ada masalah di perusahaan, termasuk di pusat layanan pelanggannya yang disebabkan oleh ransomware.

Di halaman Facebook, Cosco memberikan beberapa rincian tentang infeksi ransomware tersebut. Menurut Cosco sejauh ini, semua kapal perusahaan beroperasi secara normal dan sistem operasi bisnis utama stabil. Cosco menambahkan bahwa meskipun dilanda masalah mereka masih melakukan bisnis di Amerika dan mengharapkan adanya pemulihan dalam waktu dekat.

Tahun lalu, raksasa pengiriman Maersk menderita serangkaian masalah ketika terinfeksi oleh ransomware Wannacry. Pembersihan terhadap serangan tersebut menuntut perusahaan untuk menutup fasilitasnya di pelabuhan Los Angeles selama tiga hari.

Sumber: BBC