Dapatkan Dukungan KSP, Siberkreasi Sinergikan Gerakan Literasi Digital

 

Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI mendapat dukungan dari Kantor Staf Kepresidenan.  Bahkan beberapa agenda kolaborasi telah disepakati, salah satunya  Netizen Fair yang akan digelar pada 2 s.d. 4 November 2018 di Jakarta serta perang terhadap hoax di internet.

“Internet memang membawa efek disruptive, baik dari sisi ekonomi maupun sosial”, kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ketika berdiskusi dengan tim Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI, di Bina Graha, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Dalam dialog tersebut didiskusikan sejumlah rintisan kolaborasi untuk melakukan pengarus-utamaan agenda Literasi Digital (digital literacy mainstreaming) di Indonesia.

Agenda literasi digital (brainware) yang sangat mendesak utk mengimbangi pembangunan infrastruktur/perangkat keras dan lunak (hardware dan software) sedang dikerjakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama multi-pihak dalam Siberkreasi. “Namun di saat yang bersamaan upaya ini juga memerlukan dukungan lebih luas melalui kebijakan Presiden/Pemerintah secara umum,” tambah Moeldoko.

Beberapa agenda yang disepakati untuk dikolaborasikan antara lain, Pertama, kolaborasi dalam Netizen Fair 2-4 November 2018 di Jakarta sebagai agenda puncak tahunan SIBERKREASI yang mengangkat tema digital governance, digital economy, digital lifestyle, dan digital parenting. 

Kedua, kemungkinan kolaborasi pada sidang tahunan Internet Governance Forum (IGF) PBB. Pada IGF 2018 di Paris, November nanti, Kementerian Kominfo  bersama SIBERKREASI dan ID-IGF dipercaya IGF – PBB menjadi host Open Forum bertema “Combating Hoax and Online Radicalism”.

Ketiga, kolaborasi program-program SIBERKREASI dengan Kedeputian II, IV, dan V KSP yang akan dikoordinasikan dalam pertemuan teknis selanjutnya.

Sumber: Kominfo