Apple Hapus Aplikasi antimalware yang Memanen Data Perambaan

Apple Inc. telah menghapus aplikasi dari perusahaan keamanan cyber terkenal dari toko aplikasi Mac setelah mereka ditemukan mengekspor riwayat perambaan pengguna. Beberapa aplikasi antimalware yang dibuat oleh Trend Micro telah diperbarui oleh perusahaan keamanan cyber tersebut. Namun, Trend Micro membantah keras tuduhan bahwa aplikasi mereka telah mencuri data pengguna dan mengirimnya ke server di China.

Perilaku aplikasi dari Trend Micro diperhatikan oleh peneliti keamanan minggu lalu. Tiga aplikasi, Dr Cleaner, Dr Antivirus dan App Uninstall yang semuanya dibuat oleh Trend Micro telah dihapus dari toko aplikasi Apple Mac, meskipun raksasa teknologi tersebut belum secara terbuka mengkonfirmasi alasannya.

Trend Micro dalam sebuah pernyataan menyatakan bahwa laporan Trend Micro  mencuri data pengguna dan mengirimnya ke server tak dikenal di China adalah salah. Penyelidikan sebelumnya menyebutkan bahwa penyelidikan awal telah mengkonfirmasi beberapa aplikasi, termasuk Dr Cleaner dan Dr Antivirus, mengumpulkan dan mengunggah snapshot kecil dari sejarah peramban pada saat instalasi.

Trend Micro mengatakan hal ini dilakukan untuk tujuan keamanan, untuk menganalisis apakah pengguna baru-baru ini mengalami adware atau ancaman lainnya. Namun, Trend Micro menambahkan bahwa mereka memutuskan untuk menghapus fungsi tersebut dari aplikasi.

Dalam pembaruan Trend Micro mengatakan bahwa mereka meminta maaf kepada komunitas atas kekhawatiran yang mungkin mereka rasakan dan dapat memastikan kembali semua data mereka aman dan tidak ada yang dikompromikan. Log dari riwayat browser pengguna, yang sebelumnya dipegang selama tiga bulan, kini telah dihapus.

Sumber: BBC