Facebook Hapus Postingan yang Menyebarkan Misinformasi

Facebook telah mengumumkan bahwa mereka akan menangani bentuk paling dasar dari berita palsu yang beredar sekitar waktu pemilihan midterm di AS. Informasi salah yang pemilih dan apa pun informasi yang mungkin menjauhkan pengguna dari bilik suara pada musim gugur ini akan dihapus oleh Facebook.

Secara khusus, Facebook mengungkapkan akan menghapus posting yang mendorong voter suppression, yaitu apa pun yang dapat menghalangi atau mencegah orang dari pemungutan suara. Jadi posting yang menyiratkan bahwa orang lain tidak boleh memilih atau mencoba memberi mereka informasi yang salah tentang proses pemungutan suara di wilayah mereka, akan termasuk ke dalam kategori tersebut dan dihapus oleh Facebook.

Menurut Jessica Leinwand, manajer kebijakan publik Facebook, kesalahan informasi dasar tentang bilik suara, tanggal pemberian suara, dan sejenisnya sudah melanggar aturan Facebook. Facebook telah memperluas aturan untuk mencakup lebih banyak bentuk kesalahan informasi yang membahayakan. Facebook juga telah memperkenalkan opsi pelaporan baru sehingga pengguna dapat terlibat dalam pembersihan berita palsu di Facebook.

Facebook sedang melancarkan perang berkelanjutan melawan kesalahan informasi politik yang mungkin sebagian sebagai tindakan penebusan dosa atas perannya dalam penyebaran yang sama dalam pemilu 2016.

Opsi pelaporan baru ini agaknya bagian dari upaya untuk mendapatkan bantuan lebih banyak dalam menghalangi kemungkinan campur tangan dalam pemilihan. Tentunya ini bukan solusi sempurna, tetapi pengguna mengetahui ada opsi tertentu yang dapat dipilih jika  menemukan salah satu dari bentuk berita palsu.

Sumber: The Nextweb

Sumber Foto: The Nextweb