Internet Archive Perbaiki Tautan Wikipedia yang Rusak

Sembilan juta tautan Wikipedia yang rusak telah diperbaiki berkat aliansi dengan Internet Archive. Editor ensiklopedia online telah lama didorong untuk menyediakan tautan ke sumber-sumber berbasis web. Namun detailnya bisa hilang jika situs pihak ketiga ditutup atau memperbarui halaman mereka.

Untuk mengatasi hal ini, pengunjung sekarang menunjuk ke snapshot dari situs yang digunakan untuk menunjukkan, bila diperlukan. Beberapa editor Wikipedia juga memilih untuk membatasi penggunaan Breitbart.

Sebuah posting di halaman sumber terpercaya Wikipedia menyatakan bahwa ada konsensus yang sangat jelas bahwa situs berita sayap kanan harus berhenti digunakan sebagai sumber fakta karena tidak dapat diandalkan. Namun Breitbart masih bisa digunakan untuk mengaitkan sudut pandang, tetapi beberapa editor tetap khawatir dengan gagasan tersebut.

Breitbart harus digunakan dengan hati-hati, tetapi larangan langsung untuk mengutipnya akan lebih merusak Wikipedia daripada membantu. Langkah ini mengikuti langkah serupa terhadap Daily Mail tahun lalu. Relawan kemudian didorong untuk meninjau kutipan Wikipedia yang ada di surat kabar Inggris dan menghapus atau menggantikannya.

Situs berita Motherboard telah melaporkan bahwa editor Wikipedia juga telah menganjurkan pembatasan serupa pada penggunaan artikel dari organisasi sayap kiri Occupy Democrats dan platform media teori konspirasi InfoWars.

Perbaikan tautan yang rusak tersebut merupakan kolaborasi dengan Internet Archive yang memanfaatkan alat Wayback Machine yang berbasis di San Francisco. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan alamat web dan kemudian menemukan versi yang tersimpan tentang bagaimana halaman muncul pada tanggal di masa lalu.

Organisasi nirlaba tersebut mengatakan telah mulai menggunakan perangkat lunak otomatis tiga tahun lalu untuk mencari tautan yang menghasilkan notifikasi page not found or 404 and 500 errors. Bot ini kemudian mencari Wayback Machine untuk informasi yang relevan dan memperbarui tautan secara otomatis. Dengan cara ini enam juta halaman hilang karena tautannya rusak bisa dipulihkan.

Anggota komunitas Wikipedia juga telah membantu mengatasi masalah terkait content drift. Content drift terjadi ketika sebuah halaman tetap online, tetapi teks dan gambarnya berubah sehingga tidak lagi menyerupai apa yang diinginkan oleh editor yang terhubung dengan mereka. Relawan manusia Wikipedia telah memperbaiki lebih dari tiga juta tautan hingga saat ini. Wikipedia akan memperluas upaya untuk memeriksa dan mengedit lebih banyak situs Wikipedia dan meningkatkan kecepatan pemiindai situs-situs tersebut dan memperbaiki tautan yang rusak.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Liputan 6