Penjual Online Bayar untuk Ulasan Positif

Investigasi yang dilakukan oleh kelompok konsumen Which? menunjukkan bahwa beberapa penjual online menawarkan barang gratis kepada orang lain dengan imbalan ulasan produk yang positif. Para investigator Which? bergabung dengan beberapa kelompok rewards for reviews dan dipekerjakan untuk menulis ulasan dengan nilai tinggi dengan imbalan barang gratis.

Ulasan yang sengaja dibayar atau palsu sering terjadi di platform seperti Amazon dan Facebook. Penyelidikan serupa oleh BBC 5 menemukan adanya perdagangan dalam ulasan palsu. Para peneliti Which menemukan lima penjual yang memberi instruksi untuk memesan barang melalui Amazon, menulis ulasan dan membagikan tautan, dengan janji pengembalian dana. Investigator yang memberikan ulasan yang jujur ​​terhadap barang-barang tersebut, tetapi tiga dari lima kasus tidak dikembalikan karena ulasan tidak cukup positif atau penjual tidak lagi dapat dihubungi.

Kelompok konsumen mengatakan bahwa dalam satu contoh kasus, penyelidik memberikan dua bintang untuk ulasan sebuah smartwatch. Mereka diberitahu oleh penjual untuk menulis ulang ulasan tersebut karena produk yang diulas diberikan secara gratis sehingga standarnya harus memberikan 5 bintang.

Di kasus yang lain, penyidik ​​diberitahu bahwa pengembalian dana akan dilakukan setelah review bintang lima yang baik dengan beberapa foto untuk ulasan beberapa headphone bluetooth nirkabel. Namun setelah memposting ulasan bintang tiga dengan foto, mereka diberitahu bahwa mereka tidak akan dikembalikan kecuali mereka menulis ulasan bintang lima.

Alex Neill, managing director produk dan jasa rumah Which? mengatakan penjual secara efektif mengelabui konsumen dengan paid-for reviews.

Menanggapi Which? Facebook mengatakan bahwa mereka memfasilitasi atau mendorong perdagangan ulasan pengguna palsu tidak diizinkan di Facebook. Facebook mendorong orang untuk menggunakan alat pelaporan untuk menandai konten yang mereka curigai dapat melanggar standar sehingga dapat diambil tindakan cepat.

Amazon memberi tahu Which? bahwa mereka tidak mengizinkan ulasan sebagai imbalan kompensasi dalam bentuk apa pun, termasuk pembayaran. Pelanggan dan penjual harus mengikuti pedoman ulasan dan mereka yang tidak mengikuti berpotensi dikenakan tindakan termasuk penghentian akun mereka.

Pada bulan April, BBC 5 Live Investigates mendeskripsikan bagaimana mereka dapat membeli rekomendasi bintang lima palsu yang ditempatkan di salah satu situs web ulasan terkemuka di dunia, Trustpilot. Investigasi ini juga menemukan forum online di mana pembeli Amazon ditawarkan pengembalian uang penuh sebagai imbalan atas ulasan produk.

Sumber: BBC

Sumber Foto: BBC