Tim Berners-Lee Ciptakan Layanan Penantang Facebook dan Google

Kemajuan internet saat ini tidak terlepas dari dua nama besar, yaitu Facebook dan Google. Namun layanan keduanya megumpulkan sedemikian banyak datang pengguna sehingga hal ini membuat risau Tim Berners-Lee, penemu world wide web.

Penemu web Sir Tim Berners-Lee telah menciptakan teknologi yang katanya akan memberi orang lebih banyak kontrol atas data mereka. Layanan tersebut disebut Solid. Teknologi ini menempatkan informasi pribadi di satu tempat sehingga orang dapat memutuskan apa yang dibagikan dengan layanan atau dengan yang situs mana data mereka dibagi.

Tim Berners-Lee mengatakan Solid diperlukan karena model saat ini yang menyerahkan banyak data ke banyak layanan online yang berbeda tidak melayani orang dengan baik. Solid telah ditetapkan sebagai proyek open source yang dapat disumbangkan siapa saja. Selain itu, ia telah menciptakan perusahaan bernama Inrupt untuk membangun infrastruktur dasar Solid.

Tim Berners-Lee menambahkan bahwa web telah berevolusi menjadi mesin ketidakadilan dan perpecahan, diombang-ambingkan oleh kekuatan kuat yang menggunakannya untuk agenda mereka sendiri. Solid akan mengembalikan keseimbangan ke web karena itu berarti orang tidak pernah kehilangan kendali atas data mereka. Pengguna menginginkan aplikasi yang membantu mereka melakukan apa yang mereka inginkan dan perlu lakukan tanpa perlu memata-matai mereka. Sebuah aplikasi atau layanan yang tidak memiliki motif tersembunyi mengalihkan perhatian mereka dengan proposisi untuk membeli ini atau itu.

Solid melibatkan pod di mana orang menyimpan data seperti informasi kontak, gambar dan video. Data ini selalu berada di pod dan layanan online akan meminta akses ke hal tersebut daripada mengharapkannya untuk bersarang di situs dan server mereka. Pod dapat dianggap sebagai stik USB yang aman atau situs web pribadi dan terserah kepada pengguna untuk memutuskan kepada siapa untuk memberikan akses ke berbagai jenis data yang mereka simpan.

Pengguna bisa memiliki lebih dari satu pod untuk berbagai tujuan atau jenis data. Dengan Solid, pengguna akan memiliki lebih banyak kekuatan pribadi atas data karena penggunalah yang memutuskan aplikasi mana yang dapat mengaksesnya. Dengan mengumpulkan data ke dalam satu pod juga harus memudahkan aplikasi menganalisisnya dan memberikan manfaat kepada individu. Solid dapat membantu membuat web lebih dekat dengan cara yang semula dibayangkan.

Akan tetapi jurnalis teknologi dan komentator, Bryan Lunduke skeptis terhadap peluang Solid kareba teknologi tersebut terlalu berlebihan. Teknologi tersebut melakukan sebagian kecil dari hal-hal seperti Dropbox atau Nextcloud yang ditulis dalam Javascript dan terlalu rumit. Ia memperkirakan teknologi Solid akan gagal. Peneliti identitas dan privasi Steve Wilson bertanya jika orang dapat mengendalikan data pribadi mereka, apa yang akan Solid lakukan terhadap semua data pengguna. Apakah pengguna tahu berapa proporsi data pribadi yang dihasilkan tanpa keterlibatan individu?

Tim Berners-Lee telah mengambil cuti dari pekerjaannya di Massachusetts Institute of Technology dan mundur dari keterlibatan dalam World Wide Web Consortium untuk membebaskan lebih banyak waktu untuk mengembangkan Solid. Inrupt sekarang mencari pengembang aplikasi dan layanan online lainnya untuk mengadopsi Solid dan mulai melakukan tes yang lebih serius dari ide tersebut.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Getty Images