Facebook Tarik Iklan Kampanye Donald Trump

Facebook menegaskan bahwa telah mengikuti jejak sebagian besar media dengan menarik iklan kontroversial yang dirilis oleh tim kampanye Donald Trump. Raksasa media sosial yang sebelumnya mengizinkan video kampanye tersebut berjalan selama beberapa hari di platformnya, mengatakan iklan bahwa iklan tersebut melanggar kebijakannya terhadap konten sensasional.

Keputusan Facebook untuk menghapus iklan datang setelah CNN, NBC dan Fox News juga membuat keputusan yang sama dengan  menariknya dari siaran mereka. Iklan tersebut, dibayar oleh Donald J. Trump for President menghubungkan imigran tanpa dokumen yang terbukti membunuh dua petugas polisi pada tahun 2014 ke kafilah migran yang melarikan diri dari kekerasan dan kejahatan di Amerika Tengah. Menurut NBC, spot iklan tersebut sempat mengudara 18 kali di beberapa jaringan termasuk selama pertandingan Sunday Night Football dan memiliki hampir 20 juta pemirsa sebelum ditarik.

Juru bicara Facebook mengatakan bahwa Iklan tersebut melanggar kebijakan periklanan Facebook terhadap konten sensasional sehingga Facebook menolaknya. Sementara video iklan tersebut diizinkan untuk diposting di Facebook, namun tidak dapat menerima distribusi berbayar. Facebook mengumumkan bahwa mereka akan memperketat aturannya pada iklan politik menjelang pemilu midterms 2018.

Sebelum keputusan Facebook untuk menarik iklan tersebut, kampanye Trump menjalankan sejumlah upaya periklanan menggunakan video, terutama menargetkan pemilih di Florida dan Arizona. Hal tersebut seharusnya tidak mengejutkan, karena kampanye Trump telah menjadi salah satu pembelanja iklan politik terbesar di Facebook. Video yang menjadi dasar dari iklan tetap pada platform dan telah dilihat lebih dari satu juta kali di halaman Facebook Donald Trump.

Sumber: Engadget

Sumber Foto: The Verge