Studi Swansea University: Selfie Memicu Sifat Narsis

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa posting kompulsif foto selfiie di media sosial dapat menyebabkan perilaku narsistik. Sebuah penelitian di Universitas Swansea menyatakan bahwa orang-orang yang berulang-kali memposting foto dan video diri mereka secara online menunjukkan peningkatan 25% dalam sifat narsis.

Departemen psikologi Universitas Swansea memantau penggunaan media sosial dari 74 orang selama periode empat bulan. TV personality, Lauren Harries yang berusia 40 tahun dari Cardiff mengatakan selfie diperlukan untuk menunjukkan penampilan barunya kepada para pengikutnya. Dia setuju selfie bisa membuat orang lebih narsis.

Tanda-tanda narsisme termasuk eksposisme yang megah, keyakinan yang berkaitan dengan hak dan kebutuhan akan kekaguman. Harries mengatakan bahwa ia telah memiliki begitu banyak foto yang diambil selama bertahun-tahun dan ia mengaku dirinya seorang perfeksionis. Dia mengatakan karena dia mewakili komunitas transgender, dia memiliki tanggung jawab kepada penggemarnya.

Namun model asal Cardiff Megan Dew tidak setuju selfie membuat narsis dan mengatakan meskipun selfie adalah tampilan kesombongan, mereka membantu meningkatkan kepercayaan pada citra tubuh seseorang. Model berusia 20 tahun tersebut mengatakan ratusan foto selfie yang diambilnya belum membuatnya narsis. Menurut blogger asal Swansea 24 tahun, Charlee Thomas selfie juga membantu dengan kesepian dan membuat teman online.

Profesor Phil Reed, yang memimpin proyek bersama dengan Universitas Milan, mengatakan bahwa mereka berharap hasilnya dapat digunakan untuk tindakan pencegahan. Para peserta, yang berusia 18 hingga 34 tahun, diminta menjawab 40 pertanyaan tentang persepsi mereka tentang diri mereka sendiri.

Menurutnya, sampai adanya penelitian ini, tidak diketahui apakah seseorang yang narsis menggunakan selfie di media sosial lebih banyak atau apakah menggunakan platform tersebut dikaitkan dengan pertumbuhan narsisme selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keduanya terjadi, tetapi menunjukkan bahwa memposting foto selfie memang bisa meningkatkan narsisisme.

Sumber: BBC

Sumber Foto: BBC