Tencent Verifikasi ID untuk Batasi Waktu Bermain Anak-anak

Raksasa teknologi China, Tencent memberlakukan batas waktu permainan pada pemain usia muda untuk mengekang kecanduan dan mempromosikan kebiasaan sehat.  Tencent mengambil beberapa langkah dramatis untuk menegakkan pembatasan tersebut. Perusahaan tersebut berencana untuk memverifikasi identitas dan usia pemain untuk menentukan berapa lama mereka diizinkan bermain. Tencent akan memeriksa ID melalui database polisi dan mengatur waktu permainan yang sesuai. Untuk anak berusia 12 tahun atau kurang akan diberikan 1 jam waktu bermain antara pukul 8 dan 9 malam, sedangkan anak usian 13 hingga 18 tahun memperoleh waktu bermain selama dua jam.

Sistem baru ini sudah berlaku untuk game unggulan Tencent, Honor of Kings dan akan berlaku untuk 10 judul game lainnya pada akhir 2018. Setiap game nantinya harus menerapkan aturan ini pada tahun 2019. Tencent tidak mengatakan bagaimana mereka akan memverifikasi pengguna, tetapi mereka telah menguji pengenalan wajah di game Honor of Kings.

Seperti yang bisa diduga, verifikasi melalui pengenalan wajah ini akan membuat para pendukung privasi menaikkan alis mereka. Bahkan meskipun ada perlindungan yang dipakai, Tencent masih akan meminta informasi sensitif tentang anak di bawah umur. Tencent mungkin tidak punya banyak pilihan. Sementara banyak tekanan untuk memaksakan batas bermain datang dari orangtua, guru dan orang lain yang tidak dalam posisi untuk melakukan perubahan. Pemerintah China sepertinya mendukung langkah-langkah Tencent.

Sumber: Engadget

Sumber Foto: The Telegraph