Tumblr Dihapus dari Apple Store Karena Foto Pelecehan Seksual Anak

Tumblr telah dihapus dari app store Apple karena membiarkan beberapa pengguna memposting gambar pelecehan seksual anak. Aplikasi jejaring sosial telah dihapus pada tangga 16 November yang lalu, tetapi alasan mengapa aplikasi tersebut dihapus Apple baru terungkap. Dalam sebuah pernyataan, mereka mengatakan foto ilegal itu lolos karena filter gagal menemukannya.

Tumblr memberikan rincian lebih lanjut tentang mengapa aplikasi mereka dihapus dari toko Apple setelah dikonfirmasi oleh situs berita teknologi Cnet dengan klaim bahwa gambar anak-anak yang tidak senonoh adalah penyebabnya. Dalam pernyataan Tumblr mengatakan bahwa semua gambar yang diunggah ke Tumblr melewati database materi pelecehan seksual anak yang dikenal. Setiap gambar atau foto pelecehan anak yang berkesesuaian yang diupload ke database akan terdeteksi dan dihapus dan tidak akan pernah muncul di platformnya.

Dalam hal ini, Tumblr mengatakan bahwa gambar yang diunggah tidak ada dalam database industri sehingga filternya tidak menangkapnya. Namun, katanya, konten ilegal tersebut ditemukan selama audit rutin. Tumblr segera menghapus konten tersebut dan menambahkan perlindungan konten merupakan aspek yang menantang dalam mengoperasikan platform mereka.

Tumblr memiliki reputasi untuk mengizinkan materi bertema seksual untuk dibagikan pada layanannya. Hal ini menyebabkannya dilarang selama di Indonesia atas konten dewasa. Korea Selatan juga telah memintanya untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memoderasi konten dewasa di layanan tersebut.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Tumblr