Facebook dan Google Sepakat Tolak Badan Regulator Baru Australia

Google dan Facebook kemungkinan akan menolak dengan keras proposal untuk membentuk otoritas baru yang akan memantau bagaimana mereka menggunakan kekuatan pasar mereka dan operasi algoritma yang mendorong penempatan berita dan konten iklan di situs mereka. Kepada publik, kedua perusahaan multinasional digital tersebut mengatakan mereka sedang mempelajari laporan hampir 400 halaman yang dikeluarkan oleh Australian Competition and Consumer Commission (ACCC).

Google dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa mereka mengembangkan produk-produk inovatif untuk kepentingan konsumen, bisnis, dan ekonomi, dan bekerja sama dengan pengiklan dan penerbit di seluruh Australia. Google akan terus terlibat dengan ACCC antara sekarang dan laporan akhir tahun depan.

Namun di balik layar ada kekhawatiran tentang proposal ACCC untuk membentuk badan pengawas baru yang akan memiliki tugas khusus untuk memonitor platform digital besar. Hal ini khususnya terjadi karena ACCC adalah yang badan pertama di dunia yang merespons kekuatan pasar Google dan Facebook.

Dalam peluncuran laporan tersebut, ketua ACCC Rod Sims menjelaskan pihaknya menganggap posisi pasar yang kuat dari platform digital seperti Google dan Facebook membenarkan tingkat pengawasan peraturan yang lebih besar. Laporannya menguraikan dengan sangat rinci bagaimana dua platform digital besar berada dalam posisi kekuatan pasar yang substansial di sejumlah pasar, mulai dari menyediakan layanan pencarian hingga iklan digital hingga menyebarkan berita.

Menurutnya, undang-undang Australia tidak melarang bisnis memiliki kekuatan pasar yang signifikan atau menggunakan efisiensi atau keterampilannya untuk bersaing dengan para pesaingnya. Namun ketika posisi dominan mereka berisiko menciptakan persaingan atau kerugian konsumen, pemerintah harus tetap terdepan dalam permainan dan bertindak untuk melindungi konsumen dan bisnis melalui regulasi.

Rekomendasi penting dari ACCC adalah regulator baru. Badan tersebut akan menjadi badan yang akan memiliki kekuatan untuk meminta informasi tentang bagaimana platform digital merancang algoritma mereka, yaitu formula yang digerakkan mesin yang memeringkat konten dan menentukan apa yang akan dilihat pengguna terlebih dahulu.

Badan ini juga akan melihat apakah platform lebih mengutamakan bisnis mereka sendiri daripada yang lain, misalnya apakah peringkat Google Shopping lebih tinggi daripada situs perbandingan pesaing?

Di Facebook ada kebingungan tentang bagaimana badan baru akan memonitor algoritma dan apa sebenarnya masalah yang akan dicoba ditangani oleh ACCC. Apakah perusahaan diharuskan untuk mengajukan kode sumber atau hanya melaporkan aturan luas yang mereka terapkan, atau yang lain?

Facebook berargumen bahwa benar-benar ada miliaran algoritma karena apa yang muncul di halaman Facebook seseorang didorong oleh penggunaan masa lalu dan interaksi mereka dengan posting di situs tersebut. Singkatnya, menurut Facebook badan regulator baru tersebut adalah solusi dalam mencari masalah.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The NewTech