Facebook Digugat atas Skandal Cambridge Analytica di AS

Jaksa top di Washington DC menggugat Facebook dalam langkah signifikan pertama AS untuk menghukum Facebook karena perannya dalam skandal Cambridge Analytica. Jaksa Agung Distrik Columbia Karl Racine mengajukan gugatan pada hari Rabu minggu lalu. Ia menuduh Facebook mengizinkan pencurian data pribadi pada puluhan juta pengguna secara besar-besaran.

Tindakan yang diambil oleh jaksa di AS ini menambah daftar sejumlah penyelidikan yang ditujukan kepada Facebook setelah satu tahun salah langkah privasi dan keamanan.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa mereka sedang meninjau keluhan dan berharap untuk melanjutkan diskusi  dengan jaksa agung di DC dan di tempat lain. Selain gugatan ini, Facebook sedang diselidiki oleh Securities and Exchange Commission, the Federal Trade Commission dan the Department of Justice.

Di Inggris, Facebook didenda sebesar 500.000 pound atas skandal Cambridge Analytica, denda maksimum yang dapat diberlakukan oleh regulator data Inggris.

Masalah yang lebih besar dapat muncul dari regulator perlindungan data Irlandia, yang sedang menyelidiki Facebook untuk kelemahan keamanan. Hal ini merupakan ujian besar pertama dari aturan privasi Eropa yang baru sebagaimana dinyatakan dalam General Data Protection Regulation.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Verge