Rencana Bos Baru Google untuk Indonesia

Randy Jusuf resmi memimpin Google Indonesia sejak Oktober lalu. Dikutip dari Detikinet, Randy Jusuf punya banyak rencana untuk Indonesia. Untuk memajukan ekonomi digital Indonesia, banyak hal yang akan dilakukan Google, tidak hanya merilis produk, raksasa pencarian internet ini akan melakukan sejumlah aktivitas.

Google telah dan akan terus merilis produk-produk yang cocok untuk pengguna di Indonesia. Misalnya YouTube Go. Dengan YouTube Go,  pengguna bisa mengatur ukuran video yang akan disaksikannya agar tidak menghabiskan banyak kuota.

Rencana berikutnya, Google Indonesia berupaya membantu komunitas developer. Mereka menggelar pelatihan coding di 12 kota di Tanah Air. Hingga saat ini, lebih dari 100 ribu developer telah dilatih. Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) turut pula dilatih. Hal ini penting untuk dilakukan sebab UKM berkontribusi setengah dari PDB Indonesia, namun mereka belum sepenuhnya online.

Google memberikan pelatihan untuk pelaku UKM agar terjun ke online. Tips dan materi pengajaran dibuat praktis, mulai dari bagaimana membuat website, memasukkan informasi ke Google Maps hingga memaksimalkan media sosial.

Google baru saja mengumumkan sudah melatih 1 juta pelaku UKM. Hasilnya cukup bagus, 90% yang mengikuti pelatihan ini sudah masuk ke online. Sebanyak 60% dari jumlah tersebut mengaku mengalami kemajuan bisnisnya. Kesuksesan produk dan aktivitas yang dibuat Google akan dilanjutkan kembali di 2019, ditambah sejumlah program baru yang akan bantu meningkatkan ekonomi digital Indonesia.

Sumber: DetikInet

Sumber Foto: Getty Images